Blankon Saya Telah Kembali

Setelah kemarin Blankon saya hilang, akhirnya malam kemarin,detik-detik pertama di tahun 2008, saya bisa kembali mengakses blankon. Ya walaupun cara masuknya masih agak dipaksa, dengan menyalin file vmlinuz dan initrd ke direktori boot di Zenwalk, bukanya memperbaiki GRUB nya.

Btw, memangnya kenapa si Blankon bisa hilang?
Ceritanya kemarin malam saya iseng utak-atik harddisk dengan perintah cfdisk.

hahn@blankon:~$ su cfdisk /dev/sdb

Ternyata saya terlalu banyak mempartisi harddisk saya yang kecil ini. Ada 7 partisi di harddisk yang 20 GB, sementara di HD 40 GB hanya 3. Padahal ukuran partisinya kecil-kecil, antara 500-an mega sampai 5 GB. Untuk itu saya buang saja beberapa partisi. Maka dibuanglah 2 partisi, yaitu /dev/sdb7 yang bertipe vfat (FAT32) dan /dev/sdb10 yang dulu dipakai buat instal Gentoo. Untuk /dev/sdb10 nggak ada masalah, dan seharusnya yang sdb7 juga nggak bermasalah, minimal sampai komputer belum saya reboot.

Masalah muncul waktu komputer saya reboot. Waktu masuk grub, ternyata di monitor tertulis

error 15..

Waduh, kalau ke Grub aja nggak bisa masuk, apalagi ke windows atau linux! Akhirnya saya coba booting dari CD Blankon. Saya coba pilih pilihan yang bisa memperbaiki broken system. Di sana tertulis pilihan itu untuk mode darurat.

Setelah memilih partisi yang akan dijadikan root saya coba perbaiki file menu.lst dengan memakai editor vi. Ternyata susah juga menggunakan vi, karena perintahnya beda banget sama editor lain, apalagi yang GUI-based. Tapi akhirnya bisa juga, walaupun beberapa kali gagal.

Di file itu saya ganti root GRUB dengan (hd1,6). Asalnya groot mengarah ke (hd1,7). Tapi ternyata itu nggak cukup, karena waktu GRUB diinstall ulang, katanya masih ada error. Setelah beberapa kali utak-atik file itu –dan tidak berhasil– saya menyerah, dan kembali ke mode darurat. Di menu darurat ternyata ada opsi mengembalikan GRUB. Langsung saja saya coba. Namun apa daya, ternyata gagal juga.

Operasi penyelamatan ‘grub-reinstall’ gagal dengan kode 1

Waduh kenapa nih dengan komputer saya? Jangan-jangan HD nya rusak? Saya coba ganti partisi root saya, dan diarahkan ke /dev/sdb1, root milik zenwalk. Di shell di zenwalk, saya coba mengedit lilo.conf, dan menginstal kembali.

sh-1.3 # lilo

Walaupun sepertinya lilo.conf juga bermasalah, tapi ternyata bisa diinstall juga. Dan waktu reboot, komputer bisa masuk lilo. Maka saya bisa masuk windows atau zenwalk. Cuma saya lupa blankon belum ditulis di file lilo.conf, sehingga saya harus mengedit kembali (juga pake shell di mode darurat). Akhirnya bisa juga masuk blankon. Selamat….

Cuma GRUB masih belum saya install lagi. Bukan nggak mau, tapi nggak tahu. Yasu, bisa masuk aja sudah lumayanlah.

Ada komentar?

%d bloggers like this: