Susahnya Menerangkan Materi Matematika ke Orang yang Nggak Ngerti Matematika

pyuh…judul yang panjang banget huehuehue…

Ceritanya dari seebulan kemarin saya “ngajar” matematika di salah satu SMP di pinggiran Bandung (alias di kabupaten Bandung). Bukan ngajar sih, tapi ngeles anak-anak kelas 9 yang sebentar lagi mau UN.

Walaupun materi matematika SMP nggak susah-susah amat -walau ngga mudah juga- ternyata sangat sulit untuk disampaikan ke siswa. Apalagi saya bukan mahasiswa pendidikan -bahkan saya ragu apakah saya mahasiswa matematika atau bukan haha-. Jangankan materi tentang trigonometri atau geometri dimensi 3, menyampaikan materi teorema phytagoras aja susahnya bukan main. Bahkan rumusnya aja nggak pada hapal.

Pusing sayah…

0 Thoughts.

  1. Karena mereka ga ngerti makanya juga minta dilesin… πŸ˜€

    Ya, kalau ngajar, jangan menganggap kemampuan mereka sama dengan kemampuan kita yang sudah paham. Tapi, posisikan diri kita sebagai siswa. πŸ˜€

  2. eh aya om risris.. kamana wae atuh jang? hehehe

    @kang jupri
    makasih.. ya kayaknya saya memosisikan sebagai mahasiswa matematika, bukan sebagai siswa.

    susah geuning ngajar teh πŸ™‚

  3. tidak semua orang terlahir dibekali dengan kemampuan intelegensi A yang baik……jadi ya tidak bisa di paksakan

Ada komentar?

%d bloggers like this: