BlankOn yang Aneh

Setelah sukses menginstal Slackware 12 di kompie saya (anyar kituu huehue), tadi malam saya iseng coba install blankOn, sebab di sana udah ada inkscape, jadi saya bisa gagambaran di linux. Sementara di Slackware inkscape ga bisa dijalankan, karena kurang library katanya. Yah seperti masalah di zenwalk lah.
Setelah beres intsal, dan instal grubnya, saya restart lah komputer sayah. Tapi kok yang muncul bukan grub yah, tapi lilo punya slack? Ya udah, karena saya ga pernah bisa ngebenerin grub, saya paksa aja supaya lilo bisa nge booting blankon.
Krena ga mau cape (alias ga tahu caranya) saya salin aja file vmlinuz punya blankon ke direktori /boot di slackware. Terus saya edit lilo.conf dan masukin pilihan booting ke blankOn.

#mcedit /etc/lilo.conf

#lilo

Lalu saya restart lah lagi kompie saya itu. Tapi waktu saya coba masuk ke blankOn ternyata ga bisa. lampu capslock dan scrolllock kedip-kedip. Parahnya saya ga tau ada apa gerangan yang terjadi. Mugkin kernelnya lagi panik. Ya sudah saya restart lagi itu komputer, lalu saya masuk lagi ke slackware.

Ternyata harddisk saya dibaca berbeda sama blankOn dan Slackware. Di slackware, Harddisk Seagate SATA kebaca sda, dan harddisk Samsung yang PATA kebaca sdb. Sementara di BlankOn sebaliknya. Jadi yang Pata di sda. Aneh sekalih…

Ada komentar?

%d bloggers like this: