Ha Ha! Man in as Harsh Funny

BAGI yang sudah membaca novel (atau nonton film) Harry Potter, mungkin sudah nggak asing lagi dengan penjahat yang bernama Lord Voldemort. “Kau tahu siapa,” kata para penyihir di Hogwarts sana. Bagi pecinta Harry Potter, juga mungkin nggak asing lagi dengan Tom Marvolo Riddle.

Siapa si Tom itu? mm saya bukan pecinta Harry Potter, jadi nggak tahu. Mending googling saja :D. Ternyata Tom Marvolo Riddle itu sebenarnya anagram dari I am Lord Voldemort. (Ya, saya juga tahu gan).

Apa itu anagram? Katanya sih anagram itu is a type of word play, the result of rearranging the letters of a word or phrase to produce a new word or phrase, using all the original letters exactly once; e.g., orchestra = carthorse, A decimal point = I’m a dot in place. Someone who creates anagrams is called an anagrammatist.[1] The original word or phrase is known as the subject of the anagram.

Nah buat anda yang mau cari anagram dari nama diri, coba deh ke sini. Hanya dalam waktu sekejap, nama anda akan berubah jadi kata-kata yang unik.

Sayangnya, kata-kata yang dipakai semuanya pakai bahasa inggris. Ya maklumlah, yang buatnya juga bule, bukan urang Indonesia, jadi database nama dan istilahnya juga pakai bahasa sana.

Sebenarnya kita bisa cari sendiri bentuk anagram dari nama kita. Caranya? Ya tinggal utak-atik saja urutan huruf (plus spasi, titik, koma, dlsb), dan voilla! jadilah kata atau nama unik. Kemarin saya coba buat programnya pakai Java (tapi kodenya nyontek dari hasil googling :D). Masih sederhana, tapi, nggak bagus :((

Kenapa? karena kemungkinannya sangat banyak. Untuk kata yang terdiri dari 4 huruf saja ada 24 kemungkinan. Kalau 6 huruf? Minimal ada 720 kemungkinan! Jadi, karena nama saya terdiri dari 23 karakter, maka ada 2,585201673888498e+22 kemungkinan. Ya, karena programnya hanya mencari kombinasi eh permutasi karakter yang dimasukkan. Keburu ngehang nih komputernya heuheue..

Memang untuk mencari kemungkinan itu, salah satunya yang paling sederhana pakai permutasi n!, di mana n = jumlah karakter. Banyak? Sebenarnya masih bisa dikurangi, misalnya dengan menyingkirkan karakter yang tidak membentuk kalimat (misalnya dalam bahasa indonesia, jarang ada kata yang memiliki 3 atau 4 konsonan berurutan (atau mungkin ga ada?). Jadi harus ada semacam kamus perujuk.

Sayangnya saya belum bisa modifikasi kode itu. Belum sempat, dan terutama sintaks Java banyak yang lupa :D.. Nanti lah, kalau ada waktu, diulik lagi. Sementara ini, pakai ini juga masih cukup. Btw, judul di atas merupakan hasil anagram nama saya ๐Ÿ˜€

Ini kemungkinan lainnya: Shhh! A nanny as fair human

0 Thoughts.

  1. sip..sip…
    suka baca blog na..
    kuryen lah…
    abi mah Akin air raging…
    artikeun lah nu bade ka luar nagari…
    wkwkwkw….

  2. wah soal sintak-sintak java ilmu saya blm smpe boss…

    klo yg sintal-sintal mgk msh bisa ngikutin..hagagg

    thank’s atas kunjungaya…

Ada komentar?

%d bloggers like this: