Kembali Menyentuh Jawa: Buat Kamus

SUDAH lama saya nggak belajar bahasa Java (bukan bahasa Jawa :D). Karena pekerjaan yang tidak berhubungan menyebabkan program Netbeans yang sudah terinstal sejak awal 2008 menjadi jarang disentuh.

Bahkan programnya belum saya update, masih versi 6.0. Padahal saya punya versi terbaru, kiriman dari Netbeans beberapa bulan lalu. Kalau tiak salah versi 6.8. AKhirnya DVD kiriman itu belum saya instal, bahkan jarang dibuka :(.

Tapi minggu kemarin, ketika beberes komputer setelah upgrade sistem dan instal GSB, saya menemukan link Netbeans. Saya iseng buka lagi, dan coba-coba buat proyek sederhana.

Ternyata sudah banyak perintah-perintah Java yang terlupa. Bahkan untuk buat program hello world :(. Untung Netbeans baik hati, dengan menyediakan template, sehingga saya tinggal menuliskan perintah System.out.println(“Helo world”); hehe..

Tapi nggak asyik kalau cuma program hello world. Jadi saya putuskan buat proyek sederhana, membuat kamus bahasa Inggris. Sekalian menghapalkan kata-kata bahasa Inggris dan terjemahannya. Selain itu, saya nggak punya kamus offline, setelah program Stardict belum jalan juga :(.

Namanya kamus, tentunya butuh database buat nyimpen data kamusnya. Akhirnya saya pilih SQLite sebagai databasenya. Dengan pertimbangan nantinya program ini bisa lebih portable daripada pakai mysql. Tapi sebenarnya saya nggak tahu cara nyimpen data selain pakai database (SQL), jadi saya pilih cara ini :D.

Tapi ternyata saya tak punya librari SQLite sedemikian sehingga bisa menyambungkan antara Java dengan SQL. Maka dicarilah lewat google dan ketemu situs ini. Sayangnya, ternyata librari SQL belum berupa jar, alias saya harus kompilasi sendiri. Ya sudah, saya unduh saja filenya.

Sayangnya, ternyata ketika instal javasqlite, muncul error. Padahal baru masuk tahap make. belum make install. Bingunglah saya, sementara situs yang menyediakan javasqlite.jar ternyata tak bisa diakses.


[root@darkstar javasqlite-20100131]# make
./libtool --mode=link gcc -g -O2 -I/usr/include
-DHAVE_SQLITE2=0 -DHAVE_SQLITE3=1
-o native/mkconst native/mkconst.c /usr/lib/libsqlite3.la
gcc -g -O2 -I/usr/include -DHAVE_SQLITE2=0 -DHAVE_SQLITE3=1 -o native/mkconst native/mkconst.c /usr/lib/libsqlite3.so -lpthread
/usr/lib/libsqlite3.so: undefined reference to `dlsym'
/usr/lib/libsqlite3.so: undefined reference to `dlerror'
/usr/lib/libsqlite3.so: undefined reference to `dlopen'
/usr/lib/libsqlite3.so: undefined reference to `dlclose'
collect2: ld returned 1 exit status
make: *** [native/mkconst] Error 1

Untungnya ada teman yang baik hati memberikan file sqlite.jar pada saya. Ia pun menyarankan saya pakai ibatis. Heh apa itu? Karena penjelasan mengenai ibatis saya nggak ngerti, dan apalagi proyek yang saya buat sangat sederhana, saya putuskan nggak pakai ibatis. Mending langsung pakai saja JDBC itu. Nanti malah belajar yang lain hihi..

Dan akhirnya, seteah nyontek sana-sini dari program TA saya yang dulu, akhirnya saya bisa koneksikan porgram java saya dengan sqlite! eureekaa.. Maka jadilah program sederhana pertama saya.
kamus

0 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: