Pasang Debian dengan USB

SUDAH lama saya ingin memasang distro Debian di komputer. Sayangnya saya belum punya cd instalannya. Dulu waktu masih kuliah ada kawan yang mau meminjamkan cd instaler. Katanya cd-nya banyak banget, jadi males instal.

Setelah berkenalan dengan anak dan cucu Debian, yakni Ubuntu dan Blankon, niat itu muncul lagi. Apakah sama mudahnya dengan kedua turunannya itu? Niat itu tambah muncul lagi ketika chatting dengan teman yang sangat tergila-gila dengan Debian (bahkan sampai membenci Ubuntu :D). Maka, saya unduhlah CD 1 Debian (dari total 31 CD Debian. wow).

Sayangnya saya nggak punya CD RW, akhirnya selama beberapa minggu file iso debian nganggur begitu saja. Lalu kepikiran untuk pakai unetbootin, jadi nantinya iso itu disimpan di flesdis saja, supaya nggak keluar uang buat beli cd :D.

Sayangnya, ternyata cara itu nggak berhasil. Meski bisa booting, namun cara instalasi lewat unetbootin selalu gagal ketika masuk langkah pengenaan CD ROM. Lah, kan saya nggak pake CD ROM! Ya pastilah nggak akan kebaca.

Karena penasaran, saya googling juga akhirnya, setelah tanya di forum kaskus tak ada jawaban yang tepat. Dan ketemulah sama blog salman.or.id. Di sana dijelaskan langkah-langkah menjadikan USB flesdis kita sebagai installer debian. Hanya saja, cara tersebut harus dilakukan di atas Linux.

Berhasil? Ternyata tidak. Belum berhasil tepatnya. Aneh juga, padahal saya sudah melakukan semua langkah yang harus dilakukan. Mulai dari format flesdis, donlod boot image, sampai perintah extlinux. Untunglah pemilik blog baik hati. Ternyata flesdis saya belum bisa booting dari flesdis. Jadi meski BIOS sudah disetting bisa booting dari removable disk, flesdis saya tetap nggak bisa meresponnya.

Maka saya kembali ke linux, colok flesdis, unmount flesdis (karena otomatis dimount), lalu setting booting di cfdisk. Setelah direstart, alhamdulillah ternyata bisa.

Tapi, ternyata satu CD belum cukup buat Debian. Harus donlod CD lagi nih.. Tapi wvdial belum terinstal, jadi belum bisa internetan dan donlod paket. halah. Tapi sudah terpasang juga saya sudah gembira đŸ˜€

Ada komentar?

%d bloggers like this: