Update Twitter via Hahn, Mau?

BERKICAU di burung Twitter bisa dilakukan dari mana saja. Mau dari situs langsung, bisa. Mau dari ponsel? juga bisa. Bahkan dari situs lain pun bisa. Nantinya, dalam statusnya, bisa di lihat, user menggunakan apa ketika mengupdate twitter. Kalau dari situs, biasanya tertulis from web. Sementara kalau dari UberTwitter, akan terlihat tulisan from Ubertwitter.

Nah, bagi sebagian orang, asal muasal media tersebut tak diperhatikan sama sekali. Tapi bagi sebagian lain, hal ini sangat diperhatikan. Apalagi, kebanyakan pengguna twitter sepertinya tidak mengakses langsung dari situsnya, tapi dari berbagai client.

Saya sendiri sekarang sering akses Twitter dari Google Chrome, lewat Chrome Bird extention. Nantinya, bakal ada tulisan from Chrome Bird. Selain tak harus susah payah buka situs (yang kadang over capacity), saya pun bisa bebas berkicau tanpa terganggu ketika sedang browsing bb17 situs lain. Selain Chrome Bird, masih banyak Twitter client lain. Seperti Echofon di Firefox (yang lebih enakeun ternyata), atau bahkan flox, yang (katanya) merupakan browser khusus untuk akses jejaring sosial (belum pernah coba). Bahkan bisa juga lewat plugin di WordPress (WpTweeter).

Belum aplikasi yang memang khusus melayani hasrat orang untuk eksis dan narsis berkicau. Seperti Tweetdeck (belum coba, susah instalnya), Gwibber, Mbpidgin, atau Mitter. Banyak juga situs-situs yang menyediakan layanan Twitter, contohnya ngubertwitter. Atau lewat perangkat mobile, seperti Snaptu atau UberTwitter di BB17.

Nah, ternyata kita pun bisa buat aplikasi Twitter sendiri. Coba saja tengok di Twitter Dev. Di sana, kita bisa buat aplikasi sendiri. Lalu, setelah buat aplikasi ngapain? Tenang saja, coba dulu Twitter consol. Di sana kita bisa langsung menjajal aplikasi kita. Nggak tahu caranya? Silakan baca tulisan ini.

Tapi, jika kamu memang penasaran ingin buat aplikasi beneran, tenang saja. Di google banyak source opensource yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya yang dibuat oleh @davidcarrington, Dabr. Projek yang menggunakan bahasa PHP ini juga yang digunakan oleh ngubertwitter.

Karena kode terbuka, saya pun coba unduh projek itu dan dicoba di situs saya. Maka jadilah aplikasi twitter buatan saya: Hahn, yang beralamat di http://tuit.hn.web.id.

Mau coba? hehe

0 Thoughts.

  1. kalo gue biasanya make tweet deck soalnya enak cepet asik juga tampilannya
    tapi akhir akhir ini sering make web soalnya tweetdecknya eror

    huhuhu
    ______________________________________
    ane ga bisa instal tweetdeck, susah instal adobe air di linuxnya 😐
    makasih dah berkunjung gan

Ada komentar?

%d bloggers like this: