Akun Twitter Kena Suspen

SITUS microblogging Twitter tak hanya menarik karena bisa update status atau berdiskusi lewat timeline. Sekarang, ada tren lain, menjadikan Twitter seperti rss feed. Baca berita cukup lewat twitter (dan kadang hanya baca judulnya saja). Kalau suka dan menarik, bisa dishare, jadi semakin banyak yang baca.

Tapi sekarang ada yang lebih menarik. Yakni adanya Twitter bot, atau akun twitter yang otomatis berkicau. Ada banyak twitterbot yang lalu lalang di twittersphere. Di antaranya @guru_pkn yang bakal berkicau ketika ada kicauan yang menggunakan kata kasar. Yang terbaru, ada bot @KingdomOfHeker, yang bakalan berkicau kalau kita ngomong heker.

Kadang bot itu sangat mengganggu, tapi sepertinya asyik juga, apalagi kalau bisa membuatnya hehe.. Ternyata, setelah googling, banyak cara untuk membuat bot. yang paling mudah adalah dengan menggunakan twitterfeed atau twitterhoper. Caranya? cek saja google :D, atau ke sini. Di sini banyak link terkait pembuatan bot twitter, mudah kok. Apalagi yang menggunakan Twitterhooper.

Lewat kedua situs itu, kita hanya tinggal membuat rss-feeed dari twitter yang akan kita retweet. Misalnya rss-feed hasil search di search.twitter.com. Setelah kita ambil rss-nya, masukin aja ke feed URL, dan voila! kita sudah buat bot.

Sayangnya, jika kita pakai twitterhooper, kita nggak bisa memodifikasi hasil pencaran. Kita hanya meretweet hasil pencarian itu, tanpa ada kata-kata dari kita. Tentu nggak asyik ya? Untunglah ini masih bisa diatasi dengan menggunakan rss hasil Yahoo pipe ini.

Sayang, akun bot saya sampai sekarang kena penalti sama twitter. Padahal saya bikin bot yang bagus, mengucapkan selamat ulang tahun untuk Bandung setiap ada yang ngomong kata Bandung. Keren kan? hihi..

Ada komentar?

%d bloggers like this: