Memasang Blogtk2

SETELAH sebelumnya mencoba Blogilo untuk posting blog di Linux, saya mulai mencari blog client yang berbasis GNOME. Bukannya nggak enak pakai blogilo, tapi karena aneh aja, masa pake GNOME tapi aplikasi yang dipakai masih berbasis KDE.. Dari beberapa masukan, ada dua program yang disarankan, Blogtk dan Drivel. Maka, mulailah saya menunaikan pencarian lewat mbah gugel.

Dari hasil pencarian dan tanya sana sini, kebanyakan menyarankan untuk menggunakan Blogtk. Setelah dilihat, memang blogtk sepertinya lebih bagus. Apalagi kalau lihat situs Drivel, program itu sudah nggak dikembangkan lagi sejak tahun 2008.

Lalu, diunduhlah Blogtk dari situs resminya. Setelah diinstal, ternyata Blogtk membutuhkan gdata dan feedparser. Untunglah keduanya ada di repo slackbuilds. Selesai? Ternyata belum. Waktu saya coba buka, Blogtk tak mau juga muncul. Setelah dicoba lewat terminal, muncul error ini:

[hahn@darkstar gnome]$ blogtk2
Traceback (most recent call last):
File "/usr/bin/blogtk2", line 6, in
from blogtk2 import main
File "/usr/bin/../share/blogtk2/lib/blogtk2/__init__.py", line 35, in
from blogtk2.main import main
File "/usr/bin/../share/blogtk2/lib/blogtk2/main.py", line 42, in
import editor
File "/usr/bin/../share/blogtk2/lib/blogtk2/editor.py", line 30, in
import gtkspell
ImportError: No module named gtkspell

Pusing, padahal saya sudah instal gtkspell, malah langsung diupdate, takutnya butuhu versi terbaru. Tapi, meski sudah diinstal, masih saja error. Dari hasil error, terlihat kalau editor.py tidak bisa memanggil modul gtkspell. Ya sudah, daripada nggak terbaca, saya edit saja source-nya, yang terletak di /usr/share/blogtk2/lib/blogtk2/editor.py. Saya edit baris ke-30. Hasilnya? alhamdulillah langsung bisa jalan.

Ternyata tampilannya sangat sederhana, tapi bagus. Pengoperasiannya pun ga rumit, nggak harus masukin password root, tak seperti blogilo.

Sayang, sampai tulisan ini dibuat, saya belum berhasil posting pakai blogtk, masih mengandalkan blogilo. Kenapa ya?

0 Thoughts.

  1. Pingback: Masih tentang Blogtk | cacatan kecil

Ada komentar?

%d bloggers like this: