Menginstall Adobe Air di Slackware

APLIKASI berbasis Adobe Air semakin banyak saja. Salah satu yang terkenal mungkin Tweetdeck, software buat para pecinta burung. Sayangnya, Adobe Air belum ramah bagi pengguna Linuz, terutama linux Slackware. Untuk distro lain, mungkin sudah lebih mudah waktu  instalasinya. Tapi untuk Slackware? Seperti biasa, harus sedikit ngoprek.

Untungnya, setelah googling, ketemu link menarik, cara install Adobe Air di Slackware. Walau tutorialnya untuk Slackware 12.2, sepertinya bisa juga untuk versi lebih baru. Sayngnya, buat pemula seperti saya, tutorial di sana lumayan ribet. Beberapa kali saya gagal, bahkan belum pernah berhasil :(.

Salah satunya, waktu coba perintah rpm -qa, program rpm seperti yang error.
root@darkstar:~# rpm -qa
rpmdb: Program version 4.4 doesn't match environment version 0.128
error: db3 error(-30971) from dbenv->open: DB_VERSION_MISMATCH:
Database environment version mismatch
error: cannot open Packages index using db3 -  (-30971)
error: cannot open Packages database in /var/lib/rpm
rpmdb: Program version 4.4 doesn't match environment version 0.128
error: db3 error(-30971) from dbenv->open: DB_VERSION_MISMATCH:
Database environment version mismatch
error: cannot open Packages database in /var/lib/rpm
Bingung juga. Apakah ini artinya rpm yang sudah susah payah dikompilasi itu error? Atau mesti pakai versi terbaru? Tak tahulah saya.

Akhirnya, setelah lempar pertanyaan di milis Slackware, pupuhu id-Slackware ngasih tahu caranya. Dan ternyata lumayan mudah. Menurut mas Willy, yang dibutuhkan untuk install Adobe Air adalah:

  • Mozilla-Nss dan Nspr. Bisa diambil dari sini dan sini. Unduh versi yang terbaru (saat ini versi 3.12.8 untuk Nss dan 4.8.6 untuk Nspr).
  • Slackbuilds untuk Mozilla-NSS. Bisa diambil dari sini.
  • Tentunya Adobe Air terbaru. Bisa diunduh dari sini.

Kalu sudah diunduh, jangan dulu jalankan perintah ./mozilla-nss.SlackBuild. Edit dulu filenya, terutama bagian versinya, sesuaikan dengan yang sudah diunduh.
PRGNAM=mozilla-nss
SRCNAM=nss
VERSION=${VERSION:-3.12.8}
NSPR=${NSPR:-4.8.6}
UCDIR=$(echo ${SRCNAM}.${VERSION} | tr '.a-z' '_A-Z')
BUILD=${BUILD:-2}
TAG=${TAG:-alien}

Tapi waktu dijalankan, file slackbuild masih ada error. Ternyata, SlackBuild mencoba mengunduh nss dan nspr terbaru. Karena saya sudah mengunduh, maka saya edit dulu bagian SRCURL[0]="http://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/security/${SRCNAM}/releases/${UCDIR}_RTM/src/${SRCNAM}-${VERSION}.tar.bz2" dan SRCURL[1]="http://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/nspr/releases/v${NSPR}/src/nspr-${NSPR}.tar.bz2"
Jadi begini:
SRCURL[0]="http://localhost/${SRCNAM}-${VERSION}.tar.gz"
SRCURL[1]="http://localhost/nspr-${NSPR}.tar.gz"

terus menyimpan file Nss dan nspr itu di localhost. Sedikit aneh dan tolol memang, karena sebenarnya bisa saja edit lagi file Slackbuild-nya dan hapus bagian unduh. Tapi karena saya nggak ngerti caranya, mending manipulasi saja alamat unduhannya. Lebih mudah :D.

Setelah semuanya beres, langsung saja ketikkan perintah
root@darkstar~# ./mozilla-nss.SlackBuild
Setelah beres, instal (atau updgrade jika sudah pernah diinstall) dengan perintah:
root@darkstar~# installpkg mozilla-nss-3.12.8-i486-2alien.tgz
Beres? Belum. Karena itu baru pasang Mozilla Nss, Adobe Airnya belum. Sayangnya, Adobe hanya menyediakan file RPM dan DEB (belakangan ada .bin juga), padahal file instalasi Slackware kan biasanya .tgz atau .tar.gz untuk yang mau kompilasi sendiri.

Untunglah di Slackware ada aplikasi rpm2tgz, yang mengkonversi installer berbasis RPM ke TGZ. Jadi, unduhlah Adobe Air yang RPM. Setelah diunduh, ketik perintah
root@darkstar~# rpm2tgz adobeair.i386.rpm
root@darkstar~# installpkg adobeair.i386.tgz

Instalasi selesai. Harusnya. Tapi waktu coba instal Focus booster masih ada masalah, karena ternyata Adobe tak mendeteksi Adobe Air yang sudah diinstall :(. Ada yang tahu salahnya di mana?

Ada komentar?

%d bloggers like this: