Ketika Google Chrome Crash

BEBERAPA minggu terakhir Google Chrome yang dipasang di komputer kantor suka tiba-tiba crash. Tiba-tiba saja ngehang lalu menutup sendiri. Padahal sudah pakai Google Chrome terbaru, fresh from oven. Tapi kenapa masih suka eror? Jadi kepikiran kembali ke Firefox, apalagi lihat FF versi 4 keren banget.

Padahal, di rumah, GC nggak pernah crash, kecuali buka puluhan tab di satu jendela. Itu pun bukan crash, tapi lambat doang, akrena habisin memori hingga 600-700 MB, padahal RAM cuma 1GB. Tapi itu pun berlaku untuk FF, pasti lambat kalau buka banyak tab :D.

Tapi anehnya, sampai tadi sore, saya belum pernah tanya ke om gugel. Dan nggak kepikiran buat tanya ke si om. Ah payah, padahal ini kan produknya gugel. :D

Baru tadi sore saya coba tanya ke si om gugel dengan kata kunci Google Chrome crash. Dan ternyata banyak jawabannya. Salah satu jawabannya adalah dengan membuang berkas Local State di C:Documents and Settingsnama userLocal SettingsApplication DataGoogleChromeUser Data. Namun, walaupun sudah dihapus, ternyata masih eror. Chrome dengan sukses crash dan restart setiap kali buka beberapa tab.

Ternyata, setelah mencari-cari lagi mbah gugel, akhirnya ketemu juga masalahnya. Apa itu? Masalahnya bukan di Google Chrome, tapi di Internet Download Manager yang terinstal. Menurut ini, ternyata GC dengan IDM tidak kompitabel. Mungkin mereka bukan jodohnya. Akibatnya, GC seringkali eror.

Untuk mengatasinya, cukup mudah, yakni dengan men-disable opsi integrasi GC di IDM. Biasanya opsi itu ada di bagian Options->General. Deaktif integrasi untuk GC, dan selesai sudah. Hasilnya? Sampai satu jam, hingga tulisan ini dibuat, GC belum crash lagi.

Pantas saja GC di rumah, baik yang di Windows maupun yang di Linux nggak pernah crash, karena memang nggak diintegrasikan dengan IDM. Fyuh..

Ada komentar?

%d bloggers like this: