Jangan main-main dengan nmap

ALKISAH beberapa waktu lalu ada blog menarik. Isinya terjemahan berbagai artikel mengenai komputer dan sebagainya. Sayang, saya lupa alamatnya :D. Nah, dalam salah satu artikel, dibahas tentang banyaknya spam yang beredar di dunia maya. Bagi pengguna email, tentunya sudah nggak aneh lagi ya sama spam.


Artikelnya ternyata cukup menarik. Bahwa di dunia ini banyak spam yang beredar. Nah ternyata spam-spam itu setelah ditelusuri kebanyakan berasal dari komputer yang menggunakan jendela sebagai sistem operasinya (hidup blankon! :D).. Sampai saat ini belum ada hubungannya sama nmap ya? tentu saja belum. Padahal ada. halah.

Masih berdasarkan artikel itu, salah satu cara untuk menelusuri si spam adalah dengan memindai si IP pengirim pakai tools sederhana: nmap. Apa itu? Saya juga nggak tahu, baca saja manualnya ok :D.

Nah karena komputer kantor saya instal linux, maka diinstallah itu si nmap. Pakai perintah ajaib: sudo apt-get install nmap :D. Ceritanya terpasanglah sudah. Lalu mau scan IP mana ya? Yang pertama, tentu saja IP sendiri, lalu IP kantor hehe.. Dan ternyata IP kantor banyak port yang terbuka. Dari ftp (ini memang harus buka sih), ssh, web, dan satu lagi lupa. Karena saya bukan tukang admin jaringan, ya saya biarkan saja itu port tetap terbuka, meski sedih juga karena tiap hari banyak orang yang iseng 🙁

Tapi itu bukan masalah sebenarnya. Masalah mulai muncul ketika dengan iseng saya scan blog saya yang ini pakai komputer kantor. Hasilnya? Saya nggak tahu, karena nmap seperti yang ngehang alias ga ngeluarin hasil apapun. ya sudahlah, karena iseng, saya akhiri saja keisengan itu.

Ok saya pikir tindakan iseng saya itu nggak menimbulkan dampak. Tapi ketika saya buka twitter klien saya (yang di sini nih), ternyata kok nggak bisa? Lalu saya buka juga blog ini, masih nggak bisa. Kenapa ini?

Sampai beberapa saat saya belum tahu penyebabnya. Saya pikir mungkin masa sewanya sudah habis.. Tapi kan habisnya bulan depan? Maka saya tanyalah ke tukang admin hostingan lewat email karena fasilitas chatnya sudah off ternyata. Dan jawabannya, kata si pengelola hosting, kemungkinan IP saya diblok. Barulah saya sadar, sepertinya IP saya keblokir gara-gara scan pakai nmap. halah..

Saya baru ingat, dulu waktu blog ini hosting di hostingan yang ebel itu, saya pun pernah iseng scan pakai nmap, dan hasilnya diblokir hehe.. Semoga pak tukang admin segera baca tulisan ini sehingga masalahnya bisa diselesaikan.

0 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: