Disorientasi.reorientasi

disorientation

disorientation

SEMUA berawal pada akhir Mei. Sebuah kabar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sebuah kabar di pagi hari yang membuat terkejut, termenung. Sebuah kabar yang membuat saya harus mengambil keputusan penting, setidaknya untuk saat ini. Berat memang, tapi saya harus memilih, toh hidup adalah pilihan.

Dan akhirnya saya memilih. Sebuah pilihan yang sebenarnya sudah dipilirkan jauh-jauh hari sebelumnya tapi tak pernah dilaksanakan. Ada ketakutan, ada ‘ketidakpercayaan’ terhadap ‘nasib’ atau ‘jalan hidup’ ke depan. Tapi akhirnya tetap dipilih juga. Dan inilah hasilnya, mau tak mau, suka tidak suka.

Juni, bulan terpanjang dalam setahun ini. Tiga kejadian besar terjadi di bulan ini (dan berlanjut sampai sekarang). Sebagai konsekuensi dari pilihan yang diambil. Berpindah dari satu perahu yang sudah ditumpangi selama dua tahun lebih, ke perahu lain.

Banyak pengalaman yang terjadi selama hampir dua bulan ini. Yang pasti saya harus reorientasi arah. Kembali merumuskan jalan agar lebih baik ke depannya. Meski ternyata jalan ini saya pikir sudah mulai melenceng dari tujuan awal. Mungkin tersesat, masuk ke jalan rusak, hutan belantara, dan gelap.

Disorientasi, yang menurut KBBI jilid III berarti “1 kekacauan kiblat; kesamaran arah: — pandangan akan timbul apabila terdapat kesenjangan antara organisasi sosial dan sistem nilai kebudayaan; 2 Dok kehilangan daya untuk mengenal lingkungan, terutama yg berkenaan dng waktu tempat dan orang”. Apa saya kehilangan arah? Bisa jadi.

Harus mulai dipikirkan jalan alternatif, reorientasi kembali, sembari memikirkan akan bisa kembali masuk trek. Bisakah?

#tulisanrandom #gajelas #ngacapruk #rieut

0 Thoughts.

  1. disorientasi, hingga harus reorientasi. aah akrab sekali dengan dua kata itu bulan ini. sungguh tidak enak rasanya.
    bagiku, agustus inilah yang tampaknya bulan terpanjang. Panjang sekali rasanya, sampai dihinggapi rasa malas terus-terusan *alasan

    aaah jadi colongan di sini kaaaaaan…

Ada komentar?

%d bloggers like this: