Video Editor di Linux

Beberapa minggu terakhir saya kembali menggunakan Blankon. Biasanya untuk internetan di laptop saya biasa pakai slackware. Tapi karena Blankon baru meluncurkan versi baru pada 17 Agustus lalu, maka diinstal ulanglah blankon Ombilin saya.

Nah, salah satu aplikasi yang menarik adalah PiTiVi, sebuah aplikasi untuk edit video. Tapi sayang, aplikasi ini masih sangat sederhana. Terutama untuk efek-efek videonya, masih minim. Waktu buka manualnya pun ternyata memang fitur untuk efek masih dikembangkan.

Karena sedang ingin buat video dari foto (semacam slideshow gitu lah), akhirnya dicarilah aplikasi alternatif untuk video editor. Setelah googling sebentar, saya coba instal Imagination. Tadinya mau coba instal Slideshow Creator, namun ternyata program ini sudah lama nggak dikembangkan lagi. Singkat cerita, terpasanglah Imagination.
imagination

Terus? Ya terang terus. Bagi yang mau buat slideshow sederhana yang disertai lagu, pakai Imagination cukup bagus. Menurut situsnya, ada sekitar 69 efek transisi yang bisa digunakan. Tapi saya nggak tahu apa ada efek fade in/fade out ngga ya? Belum dieksplor lagi.

Setelah tanya di Kaskus, ternyata ada banyak aplikasi video editor lain yang biasa dipakai. Coba saja ke sini, di sini direview beberapa aplikasi yang populer digunakan. Nah salah satunya adalah Openshot.
openshot

Kalau lihat video screenshotnya, sepertinya aplikasi ini keren juga. Efeknya cukup banyak, dan bisa impor video maupun musik dan gambar. Coba saja lihat demo ini.

Screencast of OpenShot Chroma-Key Effect from Jonathan Thomas on Vimeo.

Bagi yang tertarik, bisa segera buka itu synapticnya dan cari openshot. Tapi bagi yang fakir benwit, hati-hati, karena file yang harus diunduh sampai 81 MB :D.

0 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: