Stadion Gedebage


Bandung itu kota besar, tapi sampai sekarang belum punya stadion sepakbola. Padahal, prestasi olahraga Bandung -katanya- paling baik di Jabar.

Apalagi Bandung punya Persib, yang punya jutaan pendukung. Aneh juga, klub sebesar Persib nggak punya stadion. Tapi memang untuk di Indonesia itu mah nggak aneh sih :D.

Makanya wali kota sekarang yang ngebet jadi Gubernur lagi gencar-gencarnya promosi pembangunan stadion di Gedebage. Nama proyeknya Stadion Utama Sepakbola (SUS) (di) Gedebage. Stadion yang belum punya nama ini sering jadi jualan Bandung 1 itu. Juga jadi ajang perang antara Bandung 1 dengan Jabar 1 :D.

Kamis kemarin, saya akhirnya ke lokasi proyek itu lagi. Dari pusat kota, jaraknya jauh banget. Bahkan dari Gedebage pun masih lumayan jauh. Jalan masuknya pun rada sulit, karena masuk ke perumahan dulu. Entahlah nanti akses masuknya mau lewat mana.

Ya ini risiko bagi Bandung yang sudah padat penduduk di wilayah pusat kota tapi masih lega di wilayah lain. Akhirnya bikin stadion di tempat nun jauh di sana.

Oke lalu bagaimana perkembangan proyek yang katanya akan menelan lebih dari setengah Triliun rupiah itu? Kata pengembangnya, sekarang baru selesai 28%. Artinya tinggal 52% lagi sisa pekerjaannya.

Loh kenapa bukan 72% lagi? ternyata eh ternyata pembangunan yang dilakukan pengembang sekarang memang cuma sampai 80%, sisanya katanya bakal dikerjakan pihak lain. Tapi tenang saja, meski nggak sampai beres, stadion tetap bisa digunakan untuk main bola kok, tapi cuma siang aja :D.

Sekarang, mereka sudah masuk pengerjaan tribun, ,tribun selatan dipilih lebih duu, supaya nantinya proses pembangunan bisa dilihat dengan mudah dari tol. Supaya orang bisa lihat, walaupun dananya seret, tapi pembangunan ngebut hihi..

Apakah stadion ini bakal selesai sesuai target,, Oktober 2012? Kita tunggu saja setahun lagi :D.

Oh iya, ini beberapa penampakan stadion yang belum jadi itu:

Gedebage 5

Gedebage 1 Gedebage 2
Gedebage 4 gedebage 3

[adsense_id=4]

0 Thoughts.

  1. alus pisan ieu blog euy,, niat nu ngajieunna. sigana wartawan oge eleh. Hade lah. Apdet terus Lur. Thumbsup!

  2. Terima kasih atas postingan luar biasa! Aku benar-benar menikmati membaca, Anda mungkin menjadi author.I hebat selalu akan bookmark blog anda dan sering akan kembali

  3. Saya usulkan nama stadion nantinya (dua pilihan)., 1) Stadion Surawisesa Gede Bage Bandung., 2) Stadion Walang Sungsang Gede Bage, Bandung. Kedua orang ini adalah sama-sama putra dari Prabu Siliwangi. Ayo dulur-dulur dukung pendapat urang. Dengan nama satdion ini, akan mengingatkan kembali Kejayaan Masyarakat Tatar Pasundan dan Jawa Barat akan tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu. Tapi yang paling mudah ditelusuri adalah Walang Sungsang karena pendiri Kasultanan Cirebon.

Ada komentar?

%d bloggers like this: