Steganografi: Menyembunyikan Pesan Rahasia

Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Sebaliknya, kriptografi menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Kata “steganografi” berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”.

Kini, istilah steganografi termasuk penyembunyian data digital dalam berkas-berkas (file) komputer. Contohnya, si pengirim mulai dengan berkas gambar biasa, lalu mengatur warna setiap pixel ke-100 untuk menyesuaikan suatu huruf dalam alphabet (perubahannya begitu halus sehingga tidak ada seorangpun yang menyadarinya jika ia tidak benar-benar memperhatikannya).

Pada umumnya, pesan steganografi muncul dengan rupa lain seperti gambar, artikel, daftar belanjaan, atau pesan-pesan lainnya. Pesan yang tertulis ini merupakan tulisan yang menyelubungi atau menutupi. Contohnya, suatu pesan bisa disembunyikan dengan menggunakan tinta yang tidak terlihat di antara garis-garis yang kelihatan.

Teknik steganografi meliputi banyak sekali metode komunikasi untuk menyembunyikan pesan rahasia (teks atau gambar) di dalam berkas-berkas lain yang mengandung teks, image, bahkan audio tanpa menunjukkan ciri-ciri perubahan yang nyata atau terlihat dalam kualitas dan struktur dari berkas semula. Metode ini termasuk tinta yang tidak tampak, microdots, pengaturan kata, tanda tangan digital, jalur tersembunyi dan komunikasi spektrum lebar.

Yak, itulah tugas steganografi saya. Silakan tebak apa isinya :D.
NB: Sumber tulisan di atas benar-benar hasil salin-tempel dari Wikipedia.

0 Thoughts.

  1. wew… hekerr… ajarin donk,., gmana cara bkin aplikasinya… saya newbie nih 😀 #serius

    hihi.. ini mah ga pake sopwer apapun kakaa

  2. kopas wiki banget kaka.. 😀
    tau pesannya tapi gak tau cara bacanya :p

    yee kan udah dikasih tau di bawah, bahwa ini hasil copas banget 😀
    yang penting kan pesan rahasianya ga mudah dibaca. tapi masih kalah sama punyanya mba asmirandah eaaa

Ada komentar?

%d bloggers like this: