Entah

“Harapan adalah fatamorgana
Inilah kehidupan negeri kita
Hilang akal sehat
Keserakahan ciptakan kemiskinan
Apakah semuanya kehilangan nurani?”

Lalu terdengar suara didgeridoo…

Itu adalah sepenggal dialog dalam teater berjudul “Entah” yang dimainkan anak-anak Teater Kumis di Gedung Sunan Ambu STSI Bandung, Sabtu (18/2). Kumis itu artinya Kulawarga Mitra Seni :D.

Terus bagaimana kelanjutannya? Ya begitu seperti umumnya teater, banyak dialog simbolik :D, walaupun kata saya terlalu simbolik sehingga saya sebagai penonton ga begitu paham apa yang disampaikan -__-.

Melihat pementasan para pemain, jadi teringat waktu SMA, waktu masih lucu-lucunya dan dengan bangga menyebut diri seperti seniman (tanpa karya seni :D). Sepuluh tahun lalu, saya dan teman-teman aktif di organisasi ini. Hampir setiap minggu kumpul, entah itu latihan vokal atau sekadar nongkrong di sekolah. Kadang juga menginap di sekolah. Tidur di pinggir lapang, dengan api unggun sebuah kursi yang diambil dari kelas :D.

Meski masuk kelompok ekskul teater, saya sebenarnya jarang ikut main. Lah, orang pemalu seperti saya main teater, apa kata dunia? Saya biasanya memilih di belakang panggung saja, bantu-bantu seting panggung, atau pegang alat musik (yang biasanya berupa kompan, galon, piring seng, dll).

Meski selalu sukses menghindar ketika pemilihan pemain, akhirnya saya harus ikut main juga. Saya lupa judul naskahnya, yang pasti saya hanya tampil di awal dan akhir saja. Dialognya simpel, cuma teriak panggil-panggil emak :D. Tapi suer, saya rasa itu sangat susah. Nggak kebayang kalau saya harus memerankan jadi si kakek, atau si Asih.

Setelah latihan beberapa bulan, akhirnya kami tampil juga. Kalau tidak salah kita main di festival teater yang diadakan Institut Teknologi Adityawarman. Sekarang namanya berubah menjadi Universitas Kebangsaan.

Sayangnya kami kalah. Tapi saya senang, karena bisa membuktikan saya bisa main teater, walau tampilnya hanya sebentar saja :).

0 Thoughts.

  1. Bang Hahn, nanti minggu 26 feb ada di Bandung? Mau ada kopdar. πŸ™‚

    Nanti minggu 26 feb dateng kopdar ya, Bang, di Kedai Mangga, seberang Hotel Horison. Waktunya, sekitar jam makan siang, mendekati jam makan siang lah. πŸ™‚

    Kalo tahu blogger lain di Bandung, tolong ajakin ya, Bang. ^^

    Rencananya mau ketemu Mbak Ami, dan tentunya yang dateng dari rombongan blogger Bandung adalah blogger yang dateng di kopdar ini. :mrgreen:

Ada komentar?

%d bloggers like this: