Template Lyx untuk Penulisan TA/Tesis, Mau?

Sudah mulai masuk Mei, artinya tinggal beberapa minggu lagi bagi teman-teman menyelesaikan tugasnya sebagai mahasiswa. Teman-teman pun mulai sibuk mau menyusun tesis (SAYA KAPANN????? (╯‵□′)╯︵┴─┴ ). Nah beberapa teman mencoba menulis tesis tidak pakai MS Word atau Libre Office. Mereka mencoba menggunakan latex dan LyX yang katanya memudahkan orang dalam menulis dokumen-dokumen seperti ini.

Sayangnya, sependek pengetahuan saya, sampai saat ini belum ada template resmi yang dikeluarkan ITB untuk menulis TA/tesis/disertasi menggunakan latex atau pun LyX. Padahal beberapa kampus sudah menyediakannya. Karena itulah teman saya yang seorang prohremer mencoba membikin semacam template untuk menulis tesis/laporan/ta apapun lewat LyX.

Template ini sebisa mungkin mengacu pada pedoman penulisan yang disusun Ibu Aciek (yang dalam bentuk word). Tapi karena masih versi awal, mungkin masih banyak eror yang belum kami ketahui (maklum nulis tesisnya aja belum, baru buat template nya saja :D). Template ini pun baru dicoba di Windows dengan menggunakan Miktex versi 2.9, dan belum dicoba di sistem operasi lain. Jadi kalau ada eror, kasih tahu yah, kalau bisa sih sudah dibenerin, jadi ini bisa diupdate lagi :D. Terakhir, template ini bukan template resmi yang dikeluarkan ITB atau pun STEI, jadi segala risiko ditanggung sendiri oke :p.

Ya, bagi yang mau, silakan unduh di sini. Bagi yang mau template lain, bisa dicoba tautan berikut.

Terimakekasih 🙂

6 Thoughts.

  1. Kalo se ITB format skripsi itu sama nggak ya antar sekolahnya? Caranya format biar hasil latex pake font Times New Roman gimana? Sekolahan saya masih konservatif euy, semua harus fotn times new roman atau malah calibri. capek saya ngatur halaman pake openofis

    • saya ga tau, yang pasti stei punya aturan baku tersendiri, ga tau apakah sama dengan fakultas lain atau ngga 😀
      untuk font, bisa diganti kok. ini juga formatnya pake times kok

Ada komentar?

%d bloggers like this: