6 Juni

TAHUN 1901. Alkisah lahirlah seorang bayi laki-laki dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Seorang anak yang akan mengubah sejarah nusantara.

Oleh ayahnya, bayi mungil itu dinamai Koesno Sosrodihardjo. Namun dalam perjalanannya, bayi mungil itu ternyata sering sakit-sakitan. Agar tidak lagi sering sakit, pada umur 5 tahun anak itu berganti nama menjadi Soekarno. Sebuah nama yang berasal dari salah satu tokoh pewayangan, Karna.

Lalu semua orang pun tahu, lelaki ini kelak menjadi salah satu orang penting di negeri ini. Menjadi pembaca proklamasi kemerdekaan. Juga sebagai presiden pertama RI.

1664. terjadi peperangan antara dua negara penjajah besar di masanya: Inggris lawan Belanda. Mereka berperang memperebutkan daerah jajahan dan perdagangan di wilayah Asia Tenggara, khususnya di Selat Malaka. Sebuah selat yang cukup penting karena merupakan jalur ramai dan sangat strategis, bahkan hingga sekarang.

1984. Seorang programmer asal Rusia (Uni Soviet kala itu), Alexey Pajitnov membuat sebuah permainan komputer sederhana ketika bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn Moskow. Permainan itu diberi nama Тетрис alias tetris.

Tak disangka, meski sederhana ternyata permainan ini sangat digemari. Bahkan permainan ini disebut-sebut sebagai permainan terbaik sepanjang masa versi Electronic Game Monthly.

1990. Seorang perempuan cantik yang kelak menjadi penyanyi dengan suara merdu lahir. Raisa Andriana namanya. Kehadirannya seolah menjadi angin segar di belantika musik Indonesia, di tengah menjamurnya girlband dan boyband yang hanya menjual penampilan semata.

2012. Dia lahir. Perempuan. Cantik. Anak kedua dari bapak dan ibunya. Cucu ketujuh dari nenek-kakek pihak ibunya. Di sebuah rumah sakit di Kabupaten Bandung, Baleendah. Sebuah rumah sakit yang sempat mengalami masalah sebelum berubah menjadi RSUD, dan kini menjadi salah satu rujukan rumah sakit di wilayah Bandung selatan.

Cantik, semoga kamu menjadi anak yang dapat dibanggakan orangtuamu. Semoga kamu menjadi anak solehah. Semoga kamu menjadi orang besar, seperti bapak proklamator kita. Amin.

*bukan bermaksud membanding-bandingkan. Hanya mengambil data dari Wikipedia tentang peristiwa-peristiwa menarik yang terjadi di tanggal 6 Juni, hari lahir keponakan saya*

0 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: