Rancabadak

logo lama rshs (wikipedia)DULU waktu masih kecil, saya tidak mengenal yang namanya rumah sakit Hasan Sadikin. Biasanya orang-orang menyebutnya Rancabadak. Maka jangan heran kalau saya nggak ngeuh ketika ada yang menyebut RSHS, karena ya biasanya memang menyebut dengan Rancabadak.

Rumah sakit yang terletak di Jalan Pasteur ini dulunya memang bernama RS Rancabadak. Tapi saya tidak tahu apakah ini memang nama resmi atau karena masyarakat Bandung sering menyebut nama ini sehingga nama aslinya terlupakan. Dari halaman ini pun tidak secara jelas disebutkan apakah nama Rancabadak merupakan nama resmi atau bukan.

Badak pun sempat menjadi logo rumah sakit ini. Sebelum diganti menjadi logo seperti sekarang, logo RSHS memang mencerminkan nama Rancabadak: seekor badak yang tengah berada dalam sebuah rawa alias ranca.

Bisa jadi, pada zaman dulu tempat ini awalnya sebuah ranca alias rawa yang dihuni pada badak. Apalagi hewan bercula itu memang katanya pernah banyak ditemukan di kawasan Bandung tempo doeloe. Dari blog ini, disebutkan bahwa para peneliti pernah menemukan fosil hewan-hewan vertebrata besar, seperti gajah dan badak di kawasan Bandung, tepatnya di gawir Citarum yang kini sudah terendam Waduk Saguling.

Karena itulah mungkin masyarakat Bandung tempo doeloe tidak asing dengan hewan ini. Makanya hewan ini pun dijadikan nama tempat. Selain Rancabadak, juga ada tempat bernama Cibadak, atau Jalan Badak Singa. Bahkan di depan Balai Kota Bandung, ada patung hewan badak putih. Sayangnya, patung ini -dan juga patung-patung lain di Kota Bandung- nampak kurang terawat. Ah mungkin wali kotanya sedang sibuk gerilya untuk persiapan kampanye gupernur :D.

*ditulis sambil menunggui nenek yang sedang dirawat di Rancabadak, memanfaatkan wifi gratisan entah punya siapa 😀

Ada komentar?

%d bloggers like this: