Lega Rasanya

HIDUP memang tak seindah sinetron FTV. Atau film-film Thailand. Atau Korea. Atau Jepang. Atau Hollywood. Tidak semuanya seperti Koong yang akhirnya hidup bersama Ern. Kadang-kadang, hidup malah seperti Ko-Ching Teng, yang tetap harus merelakan ketika Shen Chia-Yi akhirnya menikah dengan orang lain. Tapi toh dia tetap bahagia. Katanya.

Sudah lama ingin mengungkapkannya. Tapi seperti biasa, selalu ada halangan rintangan yang selalu mengadang. Seperti ketika sun go kong hendak ke barat untuk mengambil kitab suci yang selalu tak lepas dari rintangan dan cobaan.

Ya, saya tahu, alasan ini terlalu berlebihan. Karena selalu ada alasan untuk mengatakan tidak dan mengurungkan niat -yang semoga itu niat baik. Tinggal bagaimana kita mengakalinya, bukan? Bukan katamu. Rintangan dan halangan bukan untuk dihindari, tapi untuk dihadapi. Diterjang. Lawan. Libas. Tebas. Karena ini seperti miniatur hidup. Bahwa hidup baru hidup ketika ada masalah, bukan? Bukan, jawabmu.

Baiklah, ini sudah keterlaluan. Sudah melantur. Padahal bukan untuk membahas hidup dan kehidupan. Hanya sebagian kecil. mungil. Tapi tetap penting.

Jadi begitulah, karena katamu rintangan itu harus dihadapi, maka saya pun mencobanya. Mendobraknya. Sulit memang awalnya, bahkan sampai akhir. Ah mungkin saya memang tak ahli di bidang ini. Walaupun kalaulah bisa, lebih baik kembali menggumuli integral, atau menulis kode daripada menulis itu. Tapi hidup harus tetap berjalan, bukan? Bukan, katamu. Maka terjadilah. Dini hari ketika sebagian orang sedang terlelap.

Meski sulit, sungguh, lega rasanya. Seperti orang yang habis operasi dan harus kentut dan akhirnya kentut juga. Sesuatu yang akhirnya harus keluar. Sesuatu yang ketika dipendam malah membahayakan. Tubuh dan jiwa.

Mengenai responsmu, sudah saya katakan tadi, semuanya tak harus sesuai harapan. (Meski dalam hati kecil masih mengharapkan ada peluang untuk itu). yang penting prosesnya, bahwa saya berani menuliskannya.

Ah, atau tulisan ini hanya apologi semata? Entahlah.
*untuk #kamus

Ada komentar?

%d bloggers like this: