Atur jam di BlankOn

Masih bermasalah dengan tampilan jam di BlankOn Rote. Padahal waktu pakai Pattimura baik-baik saja. Jam di Laptop jadi kelebihan 7 jam, padahal sudah disetting waktu Jakarta alias GMT+7.

Kalau diubah lewat Pengaturan->Atur Waktu dan Tanggal (pakai sudo tentunya), ternyata malah mengubah jam di BIOS juga. Alhasil jam di OS lain (Windows yang baru dicoba) ikut berubah juga. Jadi dilema pffttt..

Dicoba cara ini:
# hwclock --localtime -s

Lalu ketika ketik date di terminal, hasilnya sesuai. Lihat gambar di bawah.

Lalu bagaimana hasilnya? Ternyata BIOS ikut berubah, termasuk di windows. Itu artinya belum ketemu solusinya 😐
EDIT
Ternyata setelah mengikuti saran pak Andika Triwidada, akhirnya ketemu juga solusinya. Menurut Pak Andika, dalam komputer ada dua buah jam, satu jam hardware, satu lagi jam sistem. Untuk menampilkan jam hardware, lakukan perintah
#hwclock
Sementara untuk jam sistem lewat printah
$ date

Dalam kasus ini, jam hardware mengacu pada UTC, sementara jam sistem pada timezone lokal alias WIB. Maka nggak heran jadi beda 7 jam (GMT+7). Karena itu, untuk mengatasi masalah ini, setting agar jam hardware tidak mengacu pada UTC, caranya dengan mengubah nilai di /etc/adjtime. Catatan, sebelumnya settingan ini ada di file /etc/default/rcS.

Pada file /etc/adjtime, ganti parameter UTC dengan LOCAL. Setelah itu, setting agar jam hardware menjadi jam sistem, dengan perintah:
# hwclock -s
Setelah itu, beres deh 🙂

%d bloggers like this: