Dua buku baru hari ini

BULAN ini seharusnya saya diet. Diet belanja apapun. Demi bisa bayar uang kuliah :|. Tapi apa daya, banyak hal yang menjadikan saya menjadi rakus belanja.

Untung saja bukan rakus belanja makanan atau pakaian (pas Lebaran saya malah nggak beli satu helai pun pakaian haha). Kali ini cukup aneh memang, rakus beli buku. Sejak awal September hingga pertengahan bulan seperti saat ini, setidaknya saya sudah beli 4 buah buku. Ya nggak salah. EMPAT buku.

Pertama, saya beli buku Seno Gumira Ajidarma, Nagabumi I yang harganya Rp105 ribu. Awalnya nggak niat beli buku sangat tebal ini, karena tadinya saya cari buku-buku SGA yang lama, tapi ternyata sudah nggak ada di toko buku seperti Gramedia atau Togamas. Kedua, beli bukunya Nadia, Bicycle Diaries yang dijual Rp30 ribu plus ongkos kirim, karena beli langsung dari penulisna hehe. Buku ini merupakan kumpulan tulisan seorang mahasiswi UGM yang berasal dari koleksi blognya selama 2007-2010. Meski ‘hanya’ diari, saya pikir buku ini cukup bagus.

Ketiga dan keempat, saya beli buku di ajang Festival media 2012 yang digelar AJI Bandung alias AJIB yang bekerja sama dengan AJI Indonesia di GIM. Mengapa rakus hingga beli dua buku sekaligus? Karena eh ternyata buku yang saya beli cukup langka di pasaran. Beberapa kali ke toko buku, saya nggak berhasil mendapatkan kedua buku ini. Ya.. saya memang belum coba cari di Palasari sih..

Pertama, bukunya mbak Mardiyah Chamim berjudul “A Giant Pack of Lies: Menyorot Kedigdayaan Industri Rokok di Indonesia.” Panjang judulnya, dan bukunya cukup tebal juga. Buku ini menguak tuntas tentang fakta di balik industri rokok di Indonesia yang ternyata regulasinya masih sangat lemah. Kalah dengan negara lain, bahkan di ASEAN :(.

Buku kedua, adalah bukunya kang Zaky Yamani, wartawan PR yang juga sekarang menjabat ketua AJIB, berjudul “Kehausan di Ladang Air.” Buku ini pun sangat bagus, karena mengulas tuntas mengenai persoalan air bersih di Kota Bandung. kedua buku ini harganya sama, Rp30 ribu saja.

Jadi, kalau ditotal, bulan ini saya mengeluarkan sekitar Rp200 ribu untuk buku-buku ini. Jumlah yang cukup gede bagi saya, apalagi ini pertama kalinya beli buku banyak dalam sebulan. Padahal sebelumnya jarang beli buku :D.

Yang jadi masalah sekarang adalah bukan berapa kocek yang harus saya keluarkan di bulan ini, tapi KAPAN SAYA BISA BACA SEMUA BUKUNYA? Padahal selain ketiga buku ini (buku Nadia sudah tamat), masih ada beberapa buku lain yang harus dibaca. Pertama, buku-buku yang dikirim penerbit yang harus saya resensi untuk dimuat di koran. Kedua, tentu saja, buku dan paper buat siset saya. duh…

0 Thoughts.

  1. Pagi πŸ™‚
    Saya juga tertarik dengan buku “A Giant Pack of Lies” dan ingin membelinya. Tetapi saya tidak bisa mendapatkannya di toko-toko buku sekitar.
    Minta referensi dong, dimana saya bisa mendapatkan buku itu?
    Apakah bisa dipesan secara online?
    Posisi saya sekarang di Medan. Thanks before πŸ™‚

Ada komentar?

%d bloggers like this: