Mencoba plugin Mathjax

BERAWAL dari iseng cari proyek-proyek matematika di Github, terdampar di proyek Mathjax. Apa itu mathjax?

Dari situsnya, Mathjax adalah sebuah proyek opensource yang menggunakan JavaScript untuk menampilkan persamaan matematika di peramban modern. Bagi yang terbiasa menggunakan $LaTeX$, harusnya nggak akan kebingungan menggunakan Mathjax, karena memang bisa menggunakan perintah-perintah $LaTeX$ biasa.

Oh iya, MathJax pun bisa digunakan di blog berbasis worpdress, menggunakan plugin simple-mathjax atau mathjax-latex. Saya baru coba simple mathjax, yang mathjax-latex belum dicoba.

Lalu apa bedanya dengan plugin sejenis? Tentu saja ada bedanya. Jika dibandingkan dengan Wp Latex, persamaan yang dhasilkan mathjax rasanya lebih bagus hehe.. hasilnya pun bukan sebagai file gambar png, tapi masih berupa karakter. Contoh menggunakan mathjax:

$
mathbf{V}_1 times mathbf{V}_2 = begin{vmatrix}
mathbf{i} & mathbf{j} & mathbf{k} \
frac{partial X}{partial u} & frac{partial Y}{partial u} & 0 \
frac{partial X}{partial v} & frac{partial Y}{partial v} & 0
end{vmatrix}
$

Kalau diklik kanan, kita dapat mengambil kode latex-nya dari persamaan di atas.

Hanya saja, karena menggunakan javascript, terkadang ketika pertama memuat halaman ini, biasanya akan kelihatan kode asli latexnya. Tapi dibandingkan plugin yang kemarin, rasanya masih lebih bagus ini :).

Saya butuh plugin ini, karena mungkin ke depan bakal banyak menulis matematik lagi nih.. kembali ke jalan yang benar :D.

2 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: