4 Oktober 1985

GNU

GNU

[M]ENDADAK, timeline di akun fesbuk saya menjadi ramai. Sejak jam 12 malam, wall fesbuk saya mulai dipenuhi ucapan selamat. Selamat ulang tahun, tentunya.

Sampai tadi siang, saya hitung setidaknya ada 30 pesan yang ditulis teman-teman, entah itu teman yang saya kenal maupun hanya kenal di fesbuk. Bahkan dosen saya pun ikut mengucapkan selamat. Duh jadi malu 🙂

Yang jadi pertanyaan? Memangnya tanggal 4 Oktober kemarin saya ulang tahun? Tentu saja tidak heheh.. Karena eh ternyata saya memang tidak lahir di bulan Oktober. Memangnya kapan? Itulah masalahnya, saya nggak mau ngasih tahu hehe (walaupun ada beberapa teman saya yang tahu, dan beneran memberi ucapan pas hari itu :D).

Kalau ingin tahu kenapa saya menampilkan tanggal 4 Oktober alih-alih tanggal lahir sebenarnya, bisa baca di postingan saya dua tahun lalu. Di tulisan itu juga menjelaskan cara mengganti tanggal lahir (tapi nggak tahu apakah masih bisa dipakai atau tidak).

Oke, jadi tanggal 4 Oktober bukan hari ulang tahun. Lalu kenapa memilih tanggal itu? Tentu saja jawaban paling simpelnya adalah random, alias asal saja saya memilih tanggal itu. Tapi nggak juga sih.

Sebelum ganti tanggal, saya sempat mikir dulu, sebaiknya tanggal berapa saya pilih untuk fesbuk (karena untuk akun di situs lain saya pakai tanggal lain hehe). Setelah melihat-lihat di Wikipedia, akhirnya terpilihlah tanggal itu.

Logo FSF

Logo Free Software Foundation

Jadi, sebenarnya nggak terlalu random juga, karena saya lakukan ‘riset’ kecil-kecilan dulu. Jadi, menurut Wikipedia, pada tanggal itu, aktivis yang juga hacker, Richard Stallman mendirikan organisasi nirlaba, Free Software Foundation. Bagi yang suka ngoprek Linux, harusnya tahu siapa si mbah ini. Dialah salah satu yang menggagas lisensi GPL. Ga Pake Lama eh GNU Public LIcense, salah satu lisensi yang banyak digunakan di dunia opensource.

Jadi, pada 4 Oktober 1985, Richard Stallman yang saat itu sudah menjalankan projek GNU membutuhkan sebuah organisasi yang bisa menampung dan mendukung kegiatan free software movement. Free as freedom, not free as beer, katanya :D.

Jadi, saya memang sengaja memilih tanggal ini, setidaknya untuk mengingatkan bahwa bisa jadi Linux yang saat ini sudah berkembang pesat tidak akan sepesat seperti sekarang jika tanpa ada Stallman yang terkenal eksentrik dan kontroversial, FSF, dan juga lisensi GNU. CMIIW.

Jadi, ya begitulah sebenar-benarnya ceritanya. Jadi sekian saja ceritanya. Mski demikian, bagi yang mengucapkan ucapan selamat maupun ucapan duka cita, saya tetap ucapkan terima kasih. Terima kasih karena sudah didoakan. Semoga anda tetap mendoakan saya tiap hari, tidak pas hari lahir saja :D.

Dan bagi FSF, selamat ulang tahun yang ke-27! Dirgahayu!

Ada komentar?

%d bloggers like this: