(Kurang) glaux.lib

AKHIRNYA kembali harus belajar openGL. Pelajaran yang dulu hanya sebatas kopi paste saja, tanpa banyak dipahami, padahal cukup penting bagi yang mau belajar grafis 3D. Ya itulah saya, suka sulit konsentrasi di satu bidang 😀 *alesan*.

Jadi ceritanya mau membuat tampilan grafis yang menggambarkan pergerakan bola di lapangan hijau. Ini berhubungan dengan siset yang sedang dikerjakan. Setelah menyerah mencari cara agar ‘animasi’ di MFC supaya bagus dan smooth, akhirnya bang Reza menyarankan saya pakai openGL saja. “Lebih mudah,” katanya.

Maka selama dua minggu terakhir kembali membuka berkas latihan GLUT. Belajar lagi dari awal. Plus belajar bagaimana menggabungkan openGL dengan MFC. Untunglah Google baik hati, karena menunjukkan ke jalan yang benar.

Setelah berhasil membuat proyeksi 2D (masih belum dicoba kalau dikasih data dinamis), Mindit menyarankan agar sekalian saja grafiknya 3D, jadi bisa lebih nyata, meski pemain bolanya cuma kotak-kotak :D. Akhirnya saya kembali tergoda, kembali mengulik OpenGL agar bisa menggambar bola dan kubus.

Untuk menggambar kubus, masih harus manual, dengan menggunakan 16 buah glVertex3f. Sementara untuk menggambar bola, ternyata cukup mudah, dengan menggunakan fungsi gluSphere. Fungsinya pun sederhana, hanya satu baris.

gluSphere(pQuadric,r,numSlices,numStacks);

Hasilnya seperti ini.

Lapangan bola

Lapangan bola

Lapangan 3D

Lapangan 3D

Setelah dilihat, kok masih kurang bagus ya? Sepertinya kalau si lapangan dikasih gambar rumput, atau robot kotaknya dikasih warna-warni bakal lebih bagus lagi. Maka folder latihan GLUT diobrak-abrik lagi, cari program yang menggunakan gambar. Untunglah ketemu, fungsinya seperti ini (hasil kopas lagi :D):

AUX_RGBImageRec *LoadBMP(char *Filename)
{
	FILE *File=NULL;
	if (!Filename)
	{
		return NULL;
	}
	File= _fopen(Filename,"r");
	if (File)
	{
		_fclose(File);
		return auxDIBImageLoad(Filename);
	}
	return NULL;
}

Tapi ketika dibuild ada error. Errornya seperti ini:

Error	3	fatal error LNK1120: 1 unresolved externals	DebugoglMFCDialog.exe
Error	1	error LNK2019: unresolved external symbol _auxDIBImageLoadA@4 referenced in function "struct _AUX_RGBImageRec * __cdecl LoadBMP(char *)" (?LoadBMP@@YAPAU_AUX_RGBImageRec@@PAD@Z)	gmp.obj
Error	2	error LNK2001: unresolved external symbol _auxDIBImageLoadA@4	OpenGLControl.obj

Apa yang salah? padahal lihat di program aslinya, bisa dibuild dengan mudah. Untuglah Gugel kembali membantu. Menurut situs ini, ternyata saya belum memasukkan glaux.lib ke properties. Duh seharian ngulik ini, ternyata errornya cuma itu saja. Memalukan.. -__-

Mari lanjutkan ngodingnya. Kita lihat, bisakah openGL saya diisi gambar bitmap?

0 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: