Kampanye dua titik nol calon bandung satu

MALAM ini merupakan malam terakhir kampanye di dunia nyata bagi delapan calon wali kota Bandung. Dan menjelang pemilihan, mulai banyak kampanye hitam. wuih banget. Tapi saya nggak akan bicara itu. Nggak rame 😀

Nah, karena kampanye di dunia nyata sudah berakhir, para kandidat (harusnya) memaksimalkan 3 hari terakhir sebelum pencoblosan untuk kampanye di dunia maya. Bahasa kerennya kampanye 2.0. Sependek pengetahuan saya, belum ada ketentuan dari KPU mengenai kampanye di internet, makanya seharusnya media ini dimaksimalkan dengan baik.

Seharusnya ya. karena kenyataannya ternyata tidak. Setidaknya ini berdasarkan hasil googling saya selama satu jam mencari beberapa akun di twitter, Facebook, Youtube, dan situs resmi masing-masing calon.

Dari hasil penelusuran ini, saya lihat sebagian besar calon belum sadar bahwa kampanye di internet punya dampak penting, setidaknya bisa keindeks google :D. Dari 8 calon, hanya 5 calon yang saya temukan situs resminya. Dari lima situs, hanya 3 yang cukup lengkap, artinya isinya lumayan, nggak hanya diisi cv doang. Dan hanya satu situs yang benar-benar lengkap, malah sampai ada aplikasi Android segala :O .

Lalu bagaimana di jejaring sosial? Untuk di facebook, hanya calon nomer 8 yang nggak saya temukan alamatnya. Padahal di baloho maupun situs resminya, katanya ada. Sementara sisanya bisa dibilang punya. Ada yang hanya akun pribadi, ada juga yang punya grup dan FB Page. Oh iya, untuk akun FB (dan twitter) saya hanya cari akun calon walikotanya aja. Karena kata pengamat, calon wakilnya nggak dongkrak elektabilitas. cenah 😀

Di Twitter, ada dua calon yang tidak saya temukan akunnya, yaitu akun wahyudin karnadinata dan wawan dewanta. Keduanya dari jalur independen. Sisanya punya akun. Edisi punya akun @edisistweet dengan follower 14141, terakhir aktif 21 Mei. Ridwan kamil akunnya @ridwankamil dengan follower 70264, trerakhir aktif jam 20.30 malam ini (19/6). Ayi Vivananda dengan akun @ayivivananda, follower 436, aktif terakhir aktif 29 Mei. MQ Iswara akunnya @kang_iswara, follower 47989, terakhir aktif hari ini jam 16.30. Budi dalton akunnya @budi_dalton, follower 3375, terakhir aktif 18 Juni. dan erakhir Bambang Setiadi akunnya @bambangsetiadi_, follower 170, terakhir aktif 15 juni.

Untuk melihat bagaimana komentar pengguna internet terhadap para calon, say lihat dari hasil pencarian di twitter terhadap masing-masing nama. Dari delapan nama, saya lihat hanya dua yang responnya cukup positif, yakni Ridwan Kamil dan Budi dalton. Dua pasangan, yakni Ayi-Nani dan Edi-Erwan sering negatif karena kasus bansos di KPK. Calon nomer dua sempat banyak respon pas ada debat di TV One, sayangnya responnya negatif.

Sebenarnya (hampir?) semua calon kalau disearch di twitter ada hasilnya. Sayangnya, sebagian cuma muncul dari akun berita. Jadi saya anggap nggak valid, termasuk kalau cuma retweet doang.

Tambahan. Berikut hasil google trend terhadap seluruh calon. Dari 8 calon, lima calon ngga masuk trends.

edi siswadi

wahyudin karnadinata

wawan dewanta

ridwan kamil

ayi vivananda

mq iswara

budi dalton

bambang setiadi

Edisis vs Ridwan vs budi dalton vs ayi

Lampiran.
Ini jejak alamat situs, twitter, facebook dan Youtube yang berhasil saya dapatkan.

eswan
w eswan.net
t edisistweet
f www.facebook.com/pages/Katumbiri/453328608075305
y ?

wahyudin
w ?
t ?
f www.facebook.com/wahyudin.karnadinata
y ?

wawan dewanta
w ?
t ?
f www.facebook.com/baladkangdewa
y ?

Ridwan Kamil
w ridwankamil.net ridwankamil-oded.com
t ridwankamil
f www.facebook.com/ridwan.kamil.new
y www.youtube.com/user/RKbdg

Ayi vivananda
w ayinani.com ayinanibandungsatu.com
t @ayivivananda f:436 @ayinani5 f:2029
f www.facebook.com/ayi.vivananda.9
y www.youtube.com/channel/UCcygLmwChHv4N-M2YkkPZ6A

MQ Iswara
w ?
t @Kang_ISWARA f:47989
f www.facebook.com/groups/satelit.ide/
y www.youtube.com/channel/UCiVyEqO5kkHe8Rzx7r1B6bg?feature=watch

budi dalton
w bandung1.com
t @budi_dalton f:3375
f www.facebook.com/budi.dalton.54 www.facebook.com/budi.dalton.940
y www.youtube.com/channel/UCZhZlgEj93_RgZ4JbFZ7bZw

bambang setiadi
w bambangsetiadi. com
t @bambangsetiadi_ f:170 @medcenterbalex f:194
f ?
y ?

0 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: