(Masih tentang) root

ALKISAH, setelah berhasil mengembalikan sebagian nomor kontak, saatnya untuk menginstall beberapa aplikasi yang pernah dipasang di hape saya, Sony Xperia J. Untunglah Google Play mengingat aplikasi apa saja yang pernah saya install dulu. Dari aplikasi penting semacam notes sampai games Despicable Me yang menghabiskan memori :D.

Maka di sela kerja di kantor, saya install beberapa aplikasi penting. Pertama, tentu saja aplikasi twitter dan sosmed :D, lalu notes (notepad dan colornotes). Lalu untuk olahraga sesepedahan (Strava dan Endomondo), dan beberapa aplikasi penting lainnya. Kecuali game. hehe

Nah tadi pagi ketika udara Bandung terasa sangat dingin, saya coba screenshot layar (tekan power+volume bawah). Berhasil. Tapi pas dilihat di album kok nggak ada gambarnya? hasilnya 0 byte. Coba lagi. Masih sama. Coba lagi. masih sama. Lalu coba install aplikasi Screenshot UX trial. Masalahnya masih sama. Ini kenapa??

Masalahnya terpecahkan ketika hape disambungkan dengan komputer. di explorer ternyata memori internal hape habis tak bersisa. 0 byte free.. Walah.. jadi ketika aplikasi mencoba menangkap tampilan layar, hasilnya nggak bisa disimpan karena kehabisan memori. Jadi masalahnya bukan pada aplikasi, tapi pada ketidaktersediaan memori :|.

Aneh juga, padahal belum semua aplikasi saya instal kembali. Maka terpaksa beberapa file gambar dihapus dari memori internal yang hanya 2 GB itu.

Memori internal yang disediakan Sony memang ‘kecil’, hanya 2GB saja. Itu pun nggak semuanya bisa digunakan untuk penyimpanan aplikasi, karena yang terpakai untuk aplikasi hanya 300-an MB. Ke mana sisanya coba? ada yang tahu?

Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan membuat partisi baru di sdcard dengan kapasitas yang lebih besar, dan memasang (mount) sdcard ke partisi itu. Tapi sdcard eksternal saya cuma 8GB, terlalu kecil. Harus beli yang lebih besar hehe..

Ada komentar?

%d bloggers like this: