Si Jalak Harupat

SETELAH beberapa kali hanya wacana, akhirnya sampai juga saya sesepedahan ke Stadion Si Jalak Harupat yang terletak di Soreang Kabupaten Bandung. Stadion yang sering menjadi markas Persib Bandung karena Stadion Gelora Bandung Lautan Asmara, eh Bandung Lautan Api masih belum rampung juga hingga sekarang.

si Jalak Harupat

Stadion si Jalak Harupat


Ternyata, jarak dari rumah ke si Jalak nggak terlalu jauh. sekitar 14,8 kilometer. Kalau ditempuh dengan sepedah, jarak segitu hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam saja.

si Jalak Harupat

Pintu Barat

Dari kejauhan, stadion yang diresmikan pada 26 April 2005 oleh dinasti Obarland itu tampak megah. Sayangnya, dari gerbang depat, nggak ada satu pun petunjuk yang menjelaskan ini adalah Stadion si Jalak Harupat. Bahkan di gerbang depan sekali pun. Yang ada malah baliho dengan wajah obarland junior di sebelah kiri dan anggota hewan di sebelah kanan.

Untungnya, masuk ke lokasi kawasan stadion nggak bayar, nggak seperti masuk Tegallega yang harus bayar entah ke siapa itu uangnya lari. Dan tempat ini pun menjadi salah satu lokasi favorit warga sekitar untuk berolahraga. Sepertinya. Juga banyak yang foto-foto. Seperti saya 😀

si Jalak Harupat

Sapedah si keren

Ok, Si Jalak merupakan salah satu stadion dengan kualitas lapangan yang cukup baik (jika dibandingkan dengan Siliwangi). Makanya Persib seringkali main di sini, meski jarak dari kota ke lokasi cukup jauh, dengan jalan yang sempit.

Jika lapangan stadion bisa dikatakan dirawat dengan cukup baik, bagian luar stadion saya lihat nggak dirawat. Di sekeliling stadion anyak ditumbuhi rumput liar dan semak-belukar. Bahkan di bagian depan pun seperti itu. Taman yang berada di timur stadion tampak nggak dirawat.

si Jalak Harupat

Semak belukar mengganggu pemandangan

Jangan tanya soal sampah. Di mana-mana banyak sampah berserakan. Bahkan pecahan botol (bir?) banyak ditemukan di jalan yang mengelilingi stadion. Bagaimana mau disejajarkan dengan stadion internasional jika sekeliling stadionnya saja seperti terminal, banyak sampah dan rumput liar.

Sayang sekali jika stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat Obarland ini nggak dirawat dengan baik. Padahal rakyat sudah keluar banyak uang tuh buat membangun stadion ini (bahkan sebagiannya dikorupsi *eh). Semoga Pemkab Bandung segera sadar dan membenahi stadion ini. Yuk.

1 Thought.

  1. hidup obarland.. penguasa kabupaten bandung!!!! Panjang umur.. panjang umur… diperiode selanjutnya obarland mau diturunin ma sapa ya?

Ada komentar?

%d bloggers like this: