Gnome yang tiba-tiba beku

Halo, kembali berjumpa dengan saya yang jarang nulis di sini lagi padahal sudah bayar mahal buat hostingannya. Kembali membahas si topi kucing alias Fedora Schrodinger’s Cat.

Sejak menggunakan F19 pada Juli lalu, beberapa kali laptop saya bertingkah aneh. Salah satunya ketika sedang digunakan, tiba-tiba saja berbagai aplikasi yang sedang berjalan jadi minimize.

Nggak benar-benar minimize sebenarnya, karena (sepertinya) si aplikasi masih berjalan, hanya saja tampilannya nggak kelihatan. Semacam dunia gaib gitu *halah. Padahal jika kita klik menu Aktivitas (atau Activity kalau pakai bahasa inggehis), semua aplikasi yang sedang berjalan dapat kelihatan windownya masih terbuka. Tapi ketika kembali ke desktop, si aplikasi tetap nggak kelihatan, hanya muncul namanya saja di bar atas.

Beberapa kali terkena masalah ini, beberapa kalli juga terpaksa harus restart si laptop sebagai solusinya. Karena konsol alias virtual terminal yang biasanya dapat diandalkan ternyata sama saja, nggak bisa diakses.

Setelah beberapa kali terjadi, barusan ada kutu baru. Biasanya, jika si laptop nggak dipakai dalam waktu lama, otomatis layar si laptop mati dan terkunci. Untuk mengaktifkannya lagi, kita tinggal ketik langsung passwordnya (tak perlu geser dulu si layar karena ribet). Jika passwordnya benar, biasanya layar kembali aktif.

Tapi kejadian barusan berbeda. Setelah beberapa lama layar nggak aktif (dan otomatis terkunci), ketika mouse digoyang sedikit, ternyata layar langsung aktif tanpa perlu masukkan password. Sayangnya, semua aplikasi yang terbuka malah ngehang dan freeze alias beku.

Meski saya pencet alt+tab buat pindah aplikasi atau pakai mouse (karena mousenya tetap bisa diakses), tetap saja aplikasi tetap beku.

Anehnya, lagi-lagi bar bagian atas (tempat menu aktivitas, volumse, lan, dan akun berada) masih aktif dan bisa diakses. Jadi ketika diklik menu Aktivitas, saya dapat melihat aplikasi mana yang sedang berjalan dan membunuh si aplikasi itu. Tapi ketika kembali ke desktop, si aplikasi tetap beku, bahkan ketika dipaksa mati.

Lalu saya coba mengunci layar dengan harapan ketika kembali dibuka bisa normal lagi. Tapi apa daya, setelah dikunci malah saya nggak bisa masuk lagi karena form login tak muncul-muncul jua.

lockscreen

Awalnya mau direstart saja agar bisa kembali normal. Tapi malas. Terpaksa masuk ke mode konsol (malas kok malah buka konsol haha).

Di konsol, akhirnya coba cari cara (sambil googling pake lynx yang diinstal dulu dan menghabiskan waktu karena update db-nya lebih lama dibandingkan unduh file lynx-nya(duh kepanjangan ini dalam kurungnya)). Dari hasil googling, dan terdampar di bugzilla, akhirnya diketahui yang beku itu ternyata program abrtd (nggak tahu ini apaan) dan gnome-shell.

Untuk kembali normal, katanya kedua aplikasi itu dibunuh dulu dengan kill -9.

$ sudo kill -9 382 (PID si abrtd )
$ sudo kill -9 1222 (PID si gnome-shell)

Setelah itu, kembalilah ke mode grafis (CTRL+ALT+F1), dan berharaplah dapat kembali masuk. Setidaknya, cara ini barusan ampuh sehingga saya nggak harus restart dulu.

Ada komentar?

%d bloggers like this: