Agar modem Smartfren AC682 tetap dingin

BAGI yang punya modem Smartfren AC682, pasti tahu salah satu kekurangan modem ini. Yak, betul, cepat panas. Saking panasnya, bagian dalam modem sudah mulai ada yang hangus. Panas ini pun menjalar ke bagian colokan USB-nya, baik yang di modem maupun yang di komputer.

Apakah ini bahaya? Mungkin saja iya. Bisa jadi, karena panas, ada komponen di dalam modem yang hangus sedemikian sehingga nggak bisa jalan dengan baik. Atau malah bisa jadi merusak colokan USB di komputer. Dan sepertinya ini sudah mulai terjadi di laptop saya. Colokan USB yang biasa dipakai untuk modem mulai nggak bekerja dengan baik… 🙁

Karena itulah, salah seorang teman saya menyarankan untuk memasang kipas di modemnya. Kipas angin? Tentu saja bukan tapi fan seperti pada prosesor. Masalahnya, saya nggak punya fan nganggur. Kalau pun ada, darimana itu barang dapat daya?

Untunglah ada cara yang lebih mudah, murah, dan ringkas. Yaitu menggunakan… air. Tentu saja, bukan dengan mencelupkan itu barang ke dalam air ketika panas. Lah kalau begitu, bisa mati itu modem? Inilah solusi yang saya bikin.

Cara mudah mendinginkan modem @smartfrencare yang sering cepat panas. 😀

A photo posted by hahn (@hahnsaja) on

Simpel bukan? Bukaan.

Cuma masalahnya, karena hanya menggunakan plastik biasa, sangat rentan airnya bocor atau meluber ke luar. Karena itulah hati-hati ketika menggunakannya. Oh iya, saya nggak bertanggung jawab ya jika modemnya atau bahkan laptopnya kecipratan air. Hati-hati! Waspadalah!

Ada komentar?

%d bloggers like this: