Menonaktifkan Bluetooth di Fedora

SEJAK menggunakan Fedora 19 hampir setahun terakhir, bluetooth di laptop selalu aktif setiap kali laptop dinyalakan. Akhirnya setiap kali menyalakan laptop, setiap kali pula harus manual menonaktifkann fitur ini. Ribet juga.

Padahal perangkat ini sudah jarang digunakan karena lebih mudah transfer berkas pakai kabel data daripada lewat bluetooth. Apalagi kadang-kadang ponsel saya nggak terbaca oleh si bluetooth ini. Makanya, lebih baik bluetooth ini dimatikan saja secara default. Tapi bagaimana caranya?

Untunglah ada Google yang selalu baik hati mencarikan jawaban yang benar. Menurut situs ini, cara menonaktifkan bluetooth sedikit ribet, karena secara default memang perangkat ini akan selalu aktif.

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasang aplikasi rfkill lewat yum.

$ sudo yum install rfkill

Jika sudah terpasang, buat berkas rc.local di direktori /etc/rc.d. Buatnya bebas, mau pakai vi atau editor teks lain. Kalau saya biasanya pakai mcedit, supaya mudah :D.

$ sudo mcedit /etc/rc.d/rc.local

Perintah itu akan membuat berkas kosong bernama rc.local. Setelah berhasil dibuat, selanjutnya tinggal diisi berkasnya seperti ini.

#!/bin/sh
rfkill block bluetooth
exit 0

Selesai? Tentu saja belum. Karena meski ada di direktori rc.d, berkas ini belum akan dipanggil oleh sistem ketika pertama kali dinyalakan. Maka, gunakanlah chmod agar berkas ini bisa dijalankan.

$ sudo chmod +x /etc/rc.d/rc.local

Sekarang baru selesai. Kalau mau coba apakah berkas ini berhasil mematikan bluetooth atau tidak, coba saja restart komputernya. Begitu katanya.

Ada komentar?

%d bloggers like this: