Android KitKat di Sony Xperia J

DISCLAIMER. Sebelum membaca lebih jauh, kalau kamu klik tautan ini karena berharap mencari tutorial bagaimana cara memasang Android KitKat di Xperia J, kamu salah kamar. haha. Jadi, lebih baik silakan kembali ke google sang maha tahu, atau pergi ke XDA-Developer :D.

Tulisan ini merupakan (sedikit) lanjutan dari tulisan tentang XJ sebelumnya. Tentang kabar burung bahwa ponsel kelas tanggung XJ dan kawan-kawannya (Miro, tipo, dan E) dapat dipasang cokelat KitKat. Apa benar?

Berdasarkan thread di forum XDA-Developer ini, memang kabar burung tersebut benar adanya. Bahwa ponsel pas-pasan ini sudah bisa dipasang KitKat alias Android versi terbaru.

Sayangnya, sejak proyek itu diumumkan pada Maret lalu, hingga sekarang belum ada versi stabil yang dapat digunakan untuk sehari-hari. Sampai sekarang (versi 24 Agustus) masih versi alpha dan beta yang tentu saja masih banyak kutunya.

Kenapa pembuatan versi KitKat ini terasa sangat lambat? Ada banyak alasan. Pertama dan utama, ini bukan merupakan proyek resmi Sony, melainkan inisiatif para hacker (dalam arti yang sebenarnya) Android di forum XDA. Yang masih peduli pada Xperia generasi 2012, yang bahkan pihak Sony pun sepertinya sudah melupakan kehadiran versi ini :D.

Ya, selain tak didukung Sony, perangkat kerasnya pun, seperti chipset, (katanya) sudah mulai tidak didukung oleh vendornya. Ini, tentu saja, makin membuat proyek CM11 makin sulit dilakukan. Meureun.

Jadi, bagi kamu yang sudah penasaran ingin mencoba KitKat, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, cobalah itu versi CM11 yang masih beta (atau alpha) di ponsel kamu.

Jangan mengeluh ketika ternyata ada kutu. Lebih baik lapor kutunya di thread forum di atas. Syukur-syukur ikut mengembangkan proyek itu, nggak seperti saya yang cuma menunggu saja :D.

Kedua, ini yang paling simpel, adalah dengan beli ponsel baru yang sudah mendukung KitKat. Itu pun kalau ada uangnya. Kalau seperti saya yang nggak punya uang buat beli ponsel baru, ya sudah diam saja, dan nikmati CM10 dengan gembira…

Ada komentar?

%d bloggers like this: