Main game Clash of Clans di Linux

TEMAN sekantor lagi keranjingan main game mencari batu akik alias gemstone dan perang: Clash of clans. Sepertinya sudah lebih dari 10 orang main game ini, dan semuanya masuk klan yang sama: KerangBulu. 😀

Ya mungkin saya telat. Sudah lama game ini populer, bahkan sejak setahun lalu. Iklannya pun sudah sering saya lihat di ponsel saya. Tapi baru sebulan terakhir tertarik, gara-gara teman-teman IT yang sering perang dan tak bisa lepas dari hapenya :D.

Ini adalah game mobile di platform Android. Masalahnya, ponsel saya tak kuat untuk main game ini. Beruntunglah punya tablet hasil hadiah lomba foto tahun lalu, jadi bisa dipasang di sana :D. Masalahnya, tak setiap hari saya bawa tablet ke kantor. Berat dan ribet.

Untunglah game ini bisa diinstall di program emulator semacam BlueStack. Beberapa teman saya pun main game ini di BlueStack. Saya pun instal program itu di komputer kantor dan laptop baru :D.

Masalahnya, windows di laptop saya lagi bermasalah. Bahkan hingga sekarang saya belum bisa masuk ke jendela, hanya bisa masuk ke Linux, Fedora tepatnya. Masalahnya lagi, BlueStack tak bisa dipasang di Linux. Aneh juga, Linux kok nggak bisa jalanin program berbasis linux :D.

Setelah googling, akhirnya ketemu caranya. Yakni dengan menggunakan emulator lain, tepatnya Genymotion. Emulator ini mirip dengan BlueStack, bisa menjalankan Android di komputer kita.

Di tautan ini, sebenarnya cara ini untuk mereka yang mau main di komputer buah, tapi ternyata bisa juga diterapkan di Linux.

Berikut beberapa bahan yang harus ada di linux kita:

Genymotion
Ya iyalah, kan kita mau main di emulator ini. Jadi silakan segera daftar dan unduh berkasnya.

Virtualbox
Jadi si Geny menggunakan virtualbox untuk menjalankan emulatornya. Mungkin saya salah, tapi begitulah. Silakan unduh dan pasang virtualnox di Linux anda.

Genymotion ARM Translation
Saya tak tahu ini berkas apa. Yang pasti unduh saja dan tak usah diekstrak, karena nantinya bakal langsung dimasukkan ke emulator (dengan cara drag and drop).

Google Play
Karena kita tak punya berkas APK CoC, kita harus pasang dulu bundel aplikasi Google (juga tak perlu diekstrak karena ini bukan kulit manggis). Jadi kita pasangnya mirip di ponsel, lewat Google Play, yang mana di emulator tak ada aplikasinya.

Langkah selanjutnya? Baca saja tutorialnya sampai tamat :D.

Setelah beberapa minggu main di Geny, saya rasa ada beberapa kelebihan dibandingkan main di BlueStack. Salah satunya, sangat mudah untuk memperbesar-memperkecil (Zoom in-zoom out), tinggal klik kanan-geser ke kiri atau ke kanan. Fungsi ini sangat membantu ketika mau nyerang kampung orang hehe..

Aplikasi ini juga rasanya lebih ringan dibanding pakai BlueStack. Eh ini mah mungkin karena efek memori yang dipakai (di laptop pakai memori 8GB, di komputer kantor cuma 2 GB :D).

Tapi ada kekurangannya. Yang paling mengganggu adalah aplikasi kadang suka crash dan nutup sendiri. Juga aplikasi bundel googlenya yang sering crash. Apa karena saya pake Gapps versi 2013 yang sudah lawas? hmmm

Yang penting masih bisa main game di laptop lah ya… iya kan iya kan iya kan?

1 Thought.

  1. tutorial anda ini sangat membantu saya dalam bermain coc di linux, tepatnya linux mint 17.2. terima kasih atas infonya.

Ada komentar?

%d bloggers like this: