Mengubah banyak berkas PDF jadi JPG hanya dengan sekali perintah

WOW judulnya kepanjangan. Sembari mengumpulkan bahan untuk tulisan yang agak islami demi menyambut bulan Ramadan, pada kali ini saya akan menuliskan cara mengubah berkas-berkas pdf menjadi berkas gambar (jpg atau png) dengan sekali perintah saja. Perintahnya adalah: Googling.

Ceritanya, teman-teman AiTi sedang dipusingkan dengan perintah untuk mengubah ratusan berkas PDF koran untuk diubah menjadi jpg. Gambar jpg itu nantinya akan dimasukkan ke sistem epaper yang baru dibangun yang masih jelek untuk nantinya ditampilkan di situs epaper dalam bentuk jpg dan… pdf lagi.

Biasanya, untuk mengubah berkas PDF ini selalu mengandalkan aplikasi Adobe photoshop yang tentu saja versi petani. Tapi mengubah ratusan arsip itu melelahkan. Jika dalam sehari koran isinya 24 halaman, maka ada 24 berkas PDF yang harus diubah menjadi jpg. Sementara dalam setahun ada 365 hari (minus kalau libur), anggaplah misalnya cuma 360 hari, berarti 360 x 24 = 8.640 berkas! Jumlah yang sangat banyak.

Maka saya pun mengusulkan untuk menggunakan cara yang cepat, yakni menggunakan linux :D. Yakni memanfaatkan aplikasi Imagemagick.

Ya walaupun akhirnya teman saya tetap pakai Adobe (dan harus manual :D), ada baiknya saya tuliskan caranya di blog. Supaya blog saya teu tiiseun teuing :p.

Sebenarnya saya belum pernah mengubah berkas pdf jadi gambar pakai imageMagick. Hanya dulu pernah mengubah kumpulan berkas gambar jpg menjadi satu berkas pdf. Setelah googling, ternyata memang bisa, yakni pakai perintah convert atau mogrify.

Apa bedanya antara convert dan mogrify? Saya nggak tahu, karena dua-duanya bisa meng-convert dari pdf ke jpg atau sebaliknya dengan mudah. Opsi dalam perintahnya pun hampir mirip. Namun setelah beberapa kali coba, saya pilih mogrify karena rasanya lebih mudah.

Kondisinya sebagai berikut. Saya punya 24 berkas PDF yang setiap berkasnya berisi 1 halaman. Setiap berkas besarnya antara 5 MB sampai 15 MB. Ada yang berwarna ada juga yang hitam putih.

Semua berkas ini harus diubah menjadi jpg dengan ukuran yang telah ditentukan, yakni lebar 1400 piksel dan tinggi menyesuaikan lebarnya. Selain itu, besar gambar tidak boleh dari 1 MB tapi hasilnya tetap tajam, artinya kalau diperbesar tulisannya masih terbaca.

Setelah beberapa (puluh) kali coba, perintah yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

$ mogrify -format jpg -resize '1400' -density 200 -quality 80 -flatten -level 0.6 -colorspace sRGB *.pdf

Keterangan (bisa saja saya salah. Lebih baik baca tautan di atas supaya nggak tersesat :D):
-format: hasil keluaran, bisa jpg, png, atau format lain (saya belum coba format lain sih)

-resize: mengubah ukuran gambar, widthxheight, width saja, atau xheight misal x2000). Atau persentase (misal 50%).

-density: ukuran resolusi, satuannya DPI.

-quality: kualitas gambar. Semakin kecil, kualitas semakin rendah. Dari beberapa kali percobaan, kualitas 80% lumayan masih terbaca dan hasil keluarannya kecil.

-flatten: Terkadang halaman PDF masih terdiri dari beberapa layer. Kalau kita tak pakai opsi ini, hasilnya jelek (background hitam). Jadi perintah ini menyatukan semua layer yang ada di berkas.

-level: level kecerahan/warna. Saya masih belum menemukan level yang tepat supaya hasil keluaran sama dengan berkas aslinya. Bisa juga memainkan opsi -gamma, tapi suka gagal šŸ™

-colorspace: menentukan colorspace, apakah RGB, CMYK, dll.

Setelah perintah itu dijalankan di terminal, tunggulan beberapa menit, hasilnya nanti keluar di direktori yang sama :D. Selamat mencoba. Kalau ada yang salah, tolong kasih tahu ya šŸ˜€

1 Thought.

Ada komentar?

%d bloggers like this: