Memperbaiki babel error: Unknown option ‘bahasa’ di Lyx

SEKADAR catatan supaya tak lupa. Gara-gara tak bisa buka berkas powerpoint di Linux dengan baik dan benar akhirnya terpaksa harus kembali belajar menggunakan Lyx demi bisa membuat presentasi yang banyak rumus matematiknya. Untuk istiqomah di Linux ternyata berat jalannya…

Jadi Lyx bukan hanya bisa digunakan untuk membuat dokumen artikel atau jurnal saja. Tapi juga dapat digunakan untuk membuat slide presentasi yang nantinya berformat PDF (mungkin bisa juga ke format lain tapi saya nggak tahu hehe).

Sayangnya saya tak mahir menggunakan itu barang. Karena itulah saya harus belajar dulu. Untunglah LyX dilengkapi berkas tutorial yang cukup lengkap dan panjang, meski tak ada bahasan tentang membuat slide presentasi. Mungkin nanti kalau ada waktu saya bikin tutorialnya #awalwacana.

Oke kembali ke judul postingan ini. Jadi ternyata di versi baru, setidaknya di versi 2.1.3 yang dipasang di laptop saya, kita tak bisa serta-merta langsung mengonversi berkas tutorial.lyx menjadi pdf. Tiap kali dikonvert selalu error, seperti begini errornya.

! Package babel Error: Unknown option `bahasa’. Either you misspelled it

Untunglah google maha baik. Dari hasil googling, ternyata bukan hanya opsi ‘bahasa’ saja yang bermasalah, tapi juga opsi bahasa lain. Untuk mengatasinya mudah, yaitu pasang saja paket babel bahasa. Beres deh.

Untuk di Fedora 22, caranya sebagai berikut

$ sudo dnf install texlive-babel-bahasa.noarch

Kalau di distro berbasis Ubuntu, paket berkasnya agak beda, bukan texlive-babel-bahasa, tapi texlive-lang-other

$ sudo apt-get install texlive-lang-other

Paket itu nantinya akan memasang pake bahasa sehingga bisa digunakan sama Lyx.

Bagi yang mengalami masalah serupa, selamat mencoba solusinya. Semoga nggak salah :D.

Sumber:
[1] http://didik.blog.undip.ac.id/2014/08/14/package-babel-error-unknown-option-bahasa/
[2] http://tex.stackexchange.com/questions/25309/how-do-i-convert-a-beamer-based-latex-file-to-html

2 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: