Install Swift di Fedora 23

INI mah cuma gaya-gayaan saja supaya agak kekinian dengan memasang swift di Linux. Terutama linux Fedora (23) yang tidak didukung secara resmi oleh Swift. Kasihan banget ya.. Masalah belajarnya nanti saja :D.

Jadi begini, beberapa bulan lalu, Apple mengumumkan bahwa salah satu bahasa pemrograman mereka, Swift, akhirnya diluncurkan sebagai proyek opensource. Berita selengkapnya bisa kamu baca di sini atau di situs resminya: swift.org.

Seperti halnya proyek opensource lainnya, biasanya bisa diinstall di beragam sistem operasi, termasuk Linux (eh di Windows malah tidak (belum?) bisa diinstall sih). Lalu apa istimewanya dengan bahasa pemrograman lain? Bukannya tinggal ketik perintah mejik di konsol: dnf?

Sayang seribu sayang. Hingga kini baru Ubuntu saja yang didukung secara resmi oleh pengembangnya. Sementara distro lain (termasuk Fedora) belum bisa. Hiks.

Beberapa bulan lalu sempat coba install manual, dengan mengunduh sumbernya dari github, tapi kok bingung bagaimana compile-nya? Unduh berkas versi Ubuntu-nya pun sama saja. Susah.

Beruntunglah ada banyak orang baik di dunia ini. Salah satunya bapak Thawkins yang membuat skrip bash untuk instalasi di Fedora. Alamatnya di sini.

Cara installnya? Gampang saja. Syarat utamanya cuma internet yang kencang dan kesabaran. Langkah paling awal adalah tentu saja kloning repo punya pak Thawkins, lalu jalankan berkas swiftbuild.sh sebagai user biasa (tak usah sebagai root). Nanti si skrip itu akan mengunduh program-program yang dibutuhkan dan kode sumber si swift.


$ swiftbuild.sh setup

Kalau sudah beres, jalankan update untuk mendapatkan versi Swift terbaru.


$ swiftbuild.sh update

Sudah? Tentu saja belum beres. Sekarang siapkan kesabaran (dan kopi atau film jika perlu), karena proses build lumayan lama. Laptop saya yang pakai core i3 menghabiskan waktu hampir 2 jam.


$ swiftbuild.sh build

Beres? Ya belum dong. Kalau proses build berjalan lancar tanpa hambatan, harusnya di direktori /home/namauser/tmp/swiftbuild/package ada berkas swift-linux-x86_64-fedora-tanggalan.tgz. Ekstraklah berkas itu, nanti ada berkas usr/.

Simpanlah berkas itu di tempat yang biasa untuk program file, misalnya di /home/namauser/programfile/swift. Setelah itu bikin path ke usr/bin supaya dikenali sama si topi biru.


$ export PATH=/home/namauser/programfile/swift/usr/bin:"${PATH}"

Tada… kalau tidak ada halangan, harusnya kamu sudah bisa memanggil swift dari konsol. Horeee.. Selamat ya.

swift-prog

Ada komentar?

%d bloggers like this: