Indosat berhasil merusak situs yang dibuka di peramban

NASIB tak punya koneksi internet pita lebar, di rumah saya hanya bisa mengandalkan koneksi dari tethering ponsel yang pakai Indosat. Padahal kan katanya internet sudah menjadi salah satu hak asasi manusia. katanya.

situs yang error karena ada penyusup

situs yang error karena ada penyusup


Ya walaupun cuma dari tethering, saat ini koneksi Indosat di rumah sudah lumayan baik. Bahkan sangat bagus karena sudah ada 4G. Horeee.. Bahkan kecepatannya melebihi Speedy yang dipasang di kantor.

Makanya, sejak ada 4G, internetan di rumah lumayan menyenangkan, walaupun dihantui ponsel rusak karena selalu jadi modem. Ya nasyib.

Tapi…

Sejak beberapa bulan lalu, kelakuan Indosat mulai mengikuti penyedia telekomunikasi lain di Indonesia. Apa itu? YA, betul, menyisipkan iklan di setiap halaman yang saya buka lewat peramban.

Awalnya saya nggak sadar bahwa Indosat menyisipkan skrip supaya iklan mereka muncul, namun setiap buka situs stackoverflow suka ada peringatan bahwa ada yang coba-coba menyisipkan sesuatu ke situsnya. Untunglah situs SO cukup pintar karena si skrip susupan itu bisa dihalau sehingga tampilannya tidak rusak.

Tapi tak semua situs sepintar SO. Beberapa situs yang akhir-akhir ini saya buka ternyata kelakuannya aneh. Awalnya saya pikir ini karena situsnya lagi error. Tapi kok masa banyak situs yang lagi down? Maka saya penasaran dan coba buka situs persib.co.id, lalu dilihat skrip di belakangnya. Dan ternyata ini hasilnya…

situs yang error karena ada penyusup

situs yang error karena ada penyusup

Masih penasaran, maka dibukalah itu IP yang nongol di skrip, siapa tahu milik penyusup yang mau meretas data saya. halah. Ini hasilnya.

ketika IP dibuka...

ketika IP dibuka…

Terima kasih, Indosat, atas koneksinya yang sangat cepat.
Terima kasih, Indosat, karena sudah menyisipkan skrip agar mau menampilkan iklan.
terima kasih, Indosat, karena atas skrip Anda, situs yang saya buka rusak berantakan.
Terima kasih, Indosat…

3 Thoughts.

  1. Sebetulnya bukan hanya uredu yg begini.. Dulu sempet diprotes, yg kena xtra large.. Bahkan si perusahaan menuju-triple-double-digit aja melakukan ini..

    Ini sebenernya terjadi karena kekecewaan mereka atas content2 OTA yang tidak memberikan revenue.. Makanya ngeinject script ads ke browser.. Masalahnya ketika url adsnya error, halaman web gak bisa keload, karena script ads yang notabene disimpen di atas halaman error.. Jadi halaman web yang kita inginkan tidak tampil…

    Mohon pengertiannya mzzz mereka butuh makan…

Ada komentar?

%d bloggers like this: