Agar supaya bisa mainkan MP3 di OpenSuse pakai audacious

Setelah beberapa bulan harus puas putar berkas musik mp3 (bajakan) di vlc, akhirnya bisa juga putar lagu di aplikasi kesayangan, audacious. Target selanjutnya, ulik clementine supaya jalan di OpenSuse, supaya tak lagi buka spotify :D.

Audacious



Dibandingkan aplikasi musik yang lain seperti clementine, vlc, xmms, atau bahkan spotify, saya lebih suka audacious. Tampilannya yang sederhana namun dengan plugin lengkap membuat clementine yang fiturnya mewah agak terpinggirkan. Spotify pun kadang tak bisa jadi andalan, karena beberapa kali laptop tiba-tiba mati saat lagi putar lagu di spotify. Kan serem. Apalagi vlc, yang tampilannya agak gimana gitu.

Sayangnya, negara api keburu menyerang. Sejak pakai bunglon edisi stabil, audacious selalu tak bisa putar berkas lagu apapun. Mau berkas legal maupun bajakan. Padahal saya sudah pasang segala macam plugin, seperti gstreamer dan semua plugin punya audacious yang ada di repo openSuse.

Akhirnya terpaksa pakai vlc.

Apa masalahnya? Ternyata ada salah satu plugin yang hilang atau tak ada di repo milik openSuse, yakni audacious-plugins-freeworld. Bolak-balik instal audacious pun takkan menyelesaikan masalah, lah paket pentingnya tak terpasang.

Untunglah ada repo berbasis rpm lain yang isinya cukup lengkap, yakni rpmfusion. Ini merupakan repo punya fedora. Tapi kan karena masih sama-sama rpm, harusnya bisa kan ya? Dan ternyata memang bisa.

Jadi, caranya cukup unduh berkas audacious-plugins-freeworld. Sebenarnya dulu saya pernah unduh itu barang, tapi saya baru sadar ternyata saya salah unduh versinya. Ya iyalah takkan cocok -seperti hubungan kita-.

Karena audacious di repo versinya 3.8, maka unduhlah berkas audacious-plugins-freeworld-mp3-3.8-2.fc26.x86_64.rpm dari reponya. Lalu pasang deh.

$ sudo rpm -U audacious-plugins-freeworld-mp3-3.8-2.fc26.x86_64.rpm

Setelah beres, jalankan audacious, dan putarlah musik bajakanmu, kawan!

Ada komentar?

%d bloggers like this: