Install Inkscape di Zenwalk


Seminggu kemarin saya install ulang Zenwalk. Masih pake versi 4.4 sih (padahal sekarang udah ada yang veri 5!). Setelah beberapa kali ngulang (da nge-hang tea) akhirnya beres juga. Tapi akibatnya Blankon saya ke hapus. Tapi ga apa-apa lah, da pake BlankOn di kompie saya mah berat teuing.

Kusabab komputernya diinstall ulang, program-program yang sudah susah payah diinstall di zenwalk jadi kehapus juga, seperti inkscape, scilab dan zenshot. Tadi malam saya coba instal Inkscape lagi. Ternyata susah. Emang kalau instal Inkscape nya mah gampang, da pake yang format *.tgz, hasil ngunduh di slackbuilds. Cuma masalah library nya yang lieur.

Waktu inkscape dijalankan, dia katanya tidak menemukan library gtkmm. waktu saya install gtkmm, ternyata harus install dulu glibmm. Waktu install glibmm, harus instal dulu libsigc++. Nah waktu lagi install libsigc++, ternyata harus instal dulu gc6 (saya lupa lagi namanya).

Alhasil sekarang saya belum bisa ngoprek inkscape lagi….Sedihnya..

Adakah yang bisa memberikan petunjuk…


0 responses to “Install Inkscape di Zenwalk”

  1. Hahaha Keep fighting kang,

    Memang untuk aplikasi yang butuh dependency ke mana2, install pake netpkg ke online repository lebih enak, karena dependencynya akan didownload otomatis.

    Saya juga cape dulu waktu pake 4.6 ya karena gak ada koneksi inet, jadi ya caranya download manual, copy download lagi library yang kurang copy lagi dst….busyeett…what a tired.

    But that’s the challenge of zenwalk ya, we got some fun when we see it running well as we expect.

    Udah cari-cari di google, mungkin bisa liat dulu dependencynya apa, jadi tinggal download aja.

  2. tolongin dong, sharing file di zenwalk kadang bisa kadang enggak, kalau modem+router dinyalain enggak bisa baca sharing file di komputer lain, tapi kalau enggak dinyalain modem+routernya baru bisa baca sharing file di komputer lain. Kenapa yah ??????

  3. @cevarief
    rasanya semua library udah saya instal (gc,libsigc++,glibmm,gtkmm,cairomm,dll), hasilnya malah ada tulisan “segmentation failed” T_T

    lagi coba instal di slackware nih (dan ternyata masalahnya sama hehe)

    @acomp
    coba tanya di forum linux, di sana ada kategori buat zenwalk. atau kalau bisa bahasa linggis, tanya di forum zenwalk 🙂

Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.