Ketika Hari Semakin Cepat


PARA orang tua sering merasakan bahwa waktu terasa berjalan semakin cepat saja. Dulu, kata mereka, waktu tak secepat sekarang. Benarkah waktu semakin cepat? Atau hanya perasaan manusia saja, yang semakin menikmati kehidupan di dunia, sehingga tak merasakan perjalanan waktu yang sebenarnya konstan?

Tapi, bisa jadi perasaan waktu semakin cepat itu ada benarnya juga. Kata ilmuwan NASA, waktu rotasi bumi ternyata sudah berubah lebih cepat sepersekian ribu detik. Tepatnya 1.26 milidetik. Apa pasal? Ternyata katanya percepatan rotasi itu disebabkan karena bencana gempa bumi yang menerjang Cile belum lama ini.

Berdasarkan simulasi komputer yang dilakukan ilmuwan itu, ternyata akibat gempa bumi berkekuatan 8,8 skala Richter tersebut menyebabkan adanya pergeseran poros bumi. Ternyata tak hanya akibat gempa di Cile saja. Menurut mereka, gempa dahsyat yang mengguncang Aceh pada Desember 2004 lalu pun ternyata ikut mengubah poros bumi, meski tak sebesar perubahan gempa kemarin. Akibat gempa Aceh, perubahan rotasi “hanya” 6.8 mikro detik.

Masih tak percaya? Coba buka tautan kaskus ini. Supaya ebih jelas, dan semoga lebih paham. Di situ ada thread yang bersumber dari situs Antara dan Vivanews.

Semoga mendapat pencerahan 😀


0 responses to “Ketika Hari Semakin Cepat”

  1. ya kini hari semakin cepat berlalu, tidak seperti zaman SD dulu, rasanya hari berjalan dengan lambat … mengenang saat – saat bermain dan bermain dan bermain *zaman SD*

Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.