Email di Gmail


MENYENANGKAN memang punya akun email di Gmail. Kapasitasnya lumayan besar, (saat ini sekitar 7431 MB) dan tentunya Gratis. Memang kalah jika dibandingkan Yahoo yang sekarang kapasitasnya sudah tidak terbatas. Katanya. Makanya, sejak beberapa tahun lalu akun Gmail saya menjadi akun email utama. Sementara yang yahoo hanya untuk chatting saja.

Sebenarnya banyak kelebihan Gmail jika dibandingkan dengan email gratisan yang lain. Salah satunya fasilitas gmail labs yang bagus-bagus. Juga pilihan tema yang sangat menarik. Tapi yang paling saya sukai adalah fasilitas filtering yang sangat-sangat bagus. Ini sangat memudahkan bagi saya yang ikutan banyak milis dan grup. Jadi, inbox saya nggak kepenuhan sama email dari berbagai sumber, karena semuanya otomatis masuk ke foldernya masing-masing. Contohnya untuk email dari Facebook, masuk ke folder facebook. Juga untuk milis A, mlis B dan milis lainnya. Sangat menyenangkan.

Contohnya untuk memfilter email dari FB, di opsi Pengaturan->Filter, ketikkan Facebook di kolom Dari. Lalu pilih (centang) pilihan Langkahi kotak masuk. terakhir, masukkan hasil filtering itu ke folder atau label, misalnya label fesbuk. Nantinya semua email dengan nama Facebook akan masuk ke folder ini, tanpa masuk ke inbox.

Terkadang untuk milis sedikit beda. Yang diisi mungkin bukan kolom “dari” saja. Bisa jadi kolom “subjek” yang harus diisi. Ya tinggal coba-coba saja mana yang hasilnya paling baik.

Untuk urusan filtering memang sangat menyenangkan. Tapi bagaimana untuk menjadikan semua email kita menjadi “sudah terbaca”? Awalnya, saya centang tiap halaman, lalu pilih opsi “Mark as Unread”. Tapi, untuk saya yang banyak ikutan milis, tentunya ini melelahkan. Untuk notifikasi facebook saja sudah ratusan yang belum dibaca. Belum milis A yang sudah mencapai 7 ribuan. Juga milis-milis lain.

Makanya kemarin saya coba-coba manfaatkan fasilitas pencarian yang ada di email. Tapi apa kata kuncinya? Pertama saya coba pakai kata kunci “unread”, tapi hasilnya mengecewakan. Setelah coba-coba berbagai kata kunci, ternyata sangat mudah caranya.

Jadi, untuk mengubah seluruh email Anda agar ditandai jadi sudah terbaca, di kotak pencarian, tinggal ketik “is:unread”. Pilihan ini akan menyeleksi semua email yang belum dibaca. Kalau mau hanya label tertentu, misalnya “labelA”, maka tinggal ketik “label:labelA is:unread”. Setelah itu, pilih opsi “semua”, dan pilih lagi opsi “Pilih semua percakapan yang cocok dengan pencarian”. Beres deh.

Semoga bermanfaat.


0 responses to “Email di Gmail”

Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.