Belajar LaTeX (Lagi), Pasang IEEEtran.cls di LyX

,

[G]ara-gara mau ngerjain tugas akhirnya pak Budi, jadi pengen coba-coba $latex LaTeX$. Supaya rada gaya hehe. Apa itu $latex LaTeX$? yang pasti bukan karet. Cari saja definisnya di google ok :D.

Salah satu program pengolah kata untuk LateX adalah $latex LyX $. Program ini menyediakan kemudahan bagi para penulis yang nggak mau repot menulis manual (seperti teman saya yang sedang mengerjakan tesis di negeri doraemon sana :D). Dengan prinsip What You See is What You Mean (WYSIWYM), apa yang kita ketikkan nantinya yang akan keluar dala bentuk PDF atau DVI atau PS.

Bagusnya $latex LyX $, selain gratis (:D) juga menyediakan template yang sangat beragam untuk keperluan penulisan. Seperti untuk buku, tesis/skripsi, jurnal, artikel,dll. Namun karena format layout dari masing-masing institusi itu suka berbeda-beda, nggak mungkin semuanya langsung diadakan oleh si $latex LyX$. Layoutnya mungkin ada, tapi document classnya nggak ada. Seperti untuk layout IEEE, standar penulisan jurnal IEEE.

Nah ternyata memasang IEEEtran.cls (document class milik si IEEE) itu gampang-gampang susah. Sebulan lalu pernah coba instal, tapi gagal :(. Padahal sudah saya simpan itu file di tempat seharusnya. Tapi apa daya ternyata masih nggak kebaca :(.

Setelah melakukan googling beberapa kali, akhirnya ketemu deh caranya hehe.. Langkah pertaa, tentu saja unduh itu file IEEEtran.cls. Setelah diunduh, simpan file di /usr/share/texmf/tex/latex/IEEEtran. Kalau direktori itu belum ada, ya dibikin dulu.

Sudah? Tentu saja belum. Setelah berhasil disimpan di sana, silakan jalankan program texhash lewat root.
$ sudo texhash
Kalau sudah, baru buka $latex LyX $, dan rekonfigurasi si $latex LyX $ nya di Tools>Reconfigure. Kalau sudah, silakan buka New from Templates, dan buka IEEEtran.lyx.

Contoh penulisan formula di wordpress 😀
[latex] |A|^{2}=|f(A^{*}A)|=(pi_{f}(A^{*}A)x_{f},x_{f})=|pi_{f}(A)x_{f}|^{2}. [/latex]


Ada komentar?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.