Kenapa dengan Slackware saya?

Beberapa hari yang lalu saya baru dapet DVD slackware 12.1, versi terbaru katanya. DVD ini saya dapet dari teman-teman di POSS UPI. Sudah lama saya ingin coba Slackware lagi, karena Slackware 12 yang saya instal ternyata error. Tapi nggak tahu apakah ini error atau bugs atau apa.

Setelah di rumah, saya langsung coba instal Slack. Saya instal hampir semua program, kecuali paket KDE, karena biasanya memakan harddisk cukup besar. Sampailah saya di instalasi LILO. Karena nggak mau ribet, saya instal Lilo dengan mode yang otomatis.

Di sini masalah mulai muncul. Ternyata saya nggak bisa instal Lilo. Yasu, karena saya masih punya Lilo yang zenwalk, saya teruskan saja instalasinya sampai beres. Toh tinggal ngedit lilo punya Zen (dengan cara
liar tentunya haha).

Setelah beres ngedit lilo zen, saya restart komputer saya. Nah di sini masalah muncul lagi. waktu sedang booting itu, tiba-tiba saja kernel jadi panik (kernel panic) dan muncul tulisan seperti ini.

VFS: Cannot open root device “817” or unknown block(8,23)

Please append a correct “root-” boot option: here one the avaliable partitions:
0340 3914408 hdb driver: ide-disk <– di zenwalk kebaca sda!
hdb1
hdb2
hdb5
hdb6

0300 494302 hda driver:ide-cdrom

0800 117220824 sda driver: sd <– di zenwalk kebaca sdb!
sda1
sda2
sda5
sda6
sda7
sda8
sda9
sda10

Kernel Panic – not syncing: VFS : unable to mount root file systems on
unknown -block (8,23)

Saya pikir masalah ini hanya terjadi di Slackware 12 saja, tapi ternyata engga. Aneh, Slackware saya selalu salah mengidentifikasi harddisk saya. Harddisk saya yang PATA (samsung 40 gb) selalu di baca hdb, dan harddisk yang SATA (seagate 120GB) dibacanya sda. Padahal, di beberapa distro yang pernah saya coba (zenwalk, Ubuntu, BlankOn, OpenSuse) semuanya mengenali harrdisk PATA sebagai sda dan harddisk SATA sebagai sdb.

Apakah ada yang salah dengan komputer saya? atau memang Slackware yang mengenali harddisk PATA sebagai hdX, nggak sdX? Waktu Slackware 12 masih mending, karena walaupun terjadi error seperti ini, saya masih bisa install Lilo, jadi bisa masuk ke Slackware. Tapi di Slackware 12.1, untuk install Lilo saja nggak bisa. Ah sedihnya…

Akhirnya, sampai sekarang saya nggak bisa coba Slackware 12.1 ini.

0 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: