Nge-Hang

TADINYA ingin ngoprek lebih jauh distro varian BlankOn, Sajadah, setelah sebelumnya saya coba live USb dan langsung instal di komputer kantor dengan sukses. Makanya, file yang di flesdisk tidak langsung dihapus, tapi dibiarkan, meski saya harus menghapus beberapa file penting, terutama video bokep tutorial rubik :).

Habis bangun pagi yang terlalu siang, saya langsung coba live USB itu. Sayangnya, seperti biasa, semua distro linux yang dicoba di komputer saya pasti pakai resolusi besar. Padahal, di Windows, monitor Advance saya cuma sanggup kasih resolusi 1024×768. Di Linux? Sampai resolusi 1600×1280 pun masih kuat.

Tapi ya itu tadi, karena monitor saya nggak terlalu besar, akhirnya resolusi yang besar itu mengakibatkan tampilannya sangat kecil, sampai susah dibaca. Di Slackware, masalah ini baru bisa dipecahkan sebagian, di mana saya bisa ubah resolusi desktop tapi resolusi mode teks masih tetap gede, nggak tahu bagaiamana cara mengecilkan resolusinya :(.

Kembali ke BlankOn. Selama proses booting, alhamdulillah tidak ada masalah. Karena resolusinya kegedean, saya coba ubah ke 1280×1024, resolusi paling pas, karena nggak terlalu besar, tapi juga masih sedap dipandang. Tadinya mau langsung instal ke komputer dan membabat habis debian yang sudah jarang dipakai, tapi penasaran lihat dokumen ombilin yang sangat tebnal. Akhirnya, sambil mendengarkan lagu bungong jeumpa, saya baca dokumen pdf itu. Dan malapetaka mulai terjadi.

Ketika sedang asyik baca, tiba-tiba saja komputer tak bereaksi. Ngehang. Lagu pun berhenti. Mouse mati. Keyboard juga. Nggak bisa ngapa-ngapain. Akhirnya, jalan terakhir, reboot paksa :(. "ah mungkin ada yang error," ujar saya sambil restart lagi live USB.

Sayangnya, error itu terus terjadi, bahkan setelah saya coba restart untuk kedua ketiga kalinya. Karena nyerah, saya cabut saja USBnya. Untung nggak dibuang.

Tadi pagi, teman saya main ke rumah, mau coba live USB Ombilin. Kebetulan saya belum ngunduh Ombilin, jadi bisa coba icip-icip sedikit. Saya lupa kemarin komputer ngehang gara-gara live USB. Seperti biasa, proses loading berjalan dengan lantjar djaja. Pas masuk, saya coba langsung klik menu System yang ada di atas, tadinya mau ganti resolusi. Sayang, ternyata kembali eror ngehang terjadi. Dua kali restart, dua kali pula komputer ngadat. :((

Kenapa ya ini bisa terjadi? Apakah ada ketidakcocokan dengan VGA? Atau kaena nggak jodoh dengan turunan mbah ubuntu? Ada yang tahu?
Sepertinya mulai sekarang harus nabung, buat beli VGA, supaya nggak pake yang onboard πŸ™

0 Thoughts.

  1. saya udah lama g pke blank on.. dulu pernah pke blankon nanggar.. klo g salah.. tapi blik lagi k ubuntung.. asa g cocok.. gtw knp.. 😳
    tapi

    oia. emang itu g di install di HDD ya? oia klo mw buang flash disk mah k sayah we… heheh :kikik: di terima dengan senang hati… :-3

    ______________________
    saya juga dah lama ga pake blankon, biasa pake slekwer. tapi keren, terutama blankon sajadah πŸ˜€

  2. Pingback: Tentang yang Tidak Penting | cacatan kecil

Ada komentar?

%d bloggers like this: