WordPress Bisa Pakai Basa Sunda!

BASA Sunda semakin eksis saja nih di ranah dunia maya. Setelah Wikipedia berbahasa Sunda, dan sejumlah situs basa Sunda lainnya (saya kurang tahu apa saja :D), kini giliran WordPress, CMS paling populer di dunia yang bisa menggunakan basa Sunda. Mungkin sebenarnya versi lokal ini sudah lama ada, tapi jujur saja, saya baru tahu sekarang, tepatnya hari Ahad jam 1 pagi.

Awalnya saya nggak sadar ketika buka WordPress.org. Awalnya, saya ingin lihat sudah berapa juta WordPress yang diunduh -yang jumlahnya sudah mencapai 23 juta lebih. Nah, ketika kembali ke laman Download, di laman itu ada pengumuman bahwa WordPress sudah tersedia dalam basa Sunda -dan juga basa Jawa.

Sebagai urang Sunda dan lahir di tanah Parahyangan, tentu saja saya bangga basa Sunda terus eksis di dunia maya. Bisa jadi, ini bisa mematahkan ramalan bahwa basa Sunda akan segera punah karena semakin sedikit orang yang menggunakannya. hehe..

Tapi jujur saja, meski saya ngakunya urang Sunda, pas baca halaman ini, saya sedikit kesulitan untuk memahaminya. Karena, banyak kosa kata yang memang sudah asing terdengar bagi saya. Persis seperti ketika saya baca Cerpennya Ahmad Bakri, harus beberapa kali bacanya sehingga bisa memahami kalimat yang tertulis.

Kamu penasaran ingin coba gunakan WordPress bercitarasa Sunda (atau bahasa lainnya)? Sila kunjungi saja situsnya. Di sana dijelaskan bagaimana caranya. Oh iya, saya belum mencobanya :D.

0 Thoughts.

  1. HADE euy…
    WordPress téh mangrupi platforma
    pamedal semantis pribadi anu
    jembar tur linuhung, anu nyimpen
    perhatosan kana kamonésan,
    kabakuan wéb, kalih
    kamangpaatan. WordPress miwatek
    haratis sakaligus mibanda ajén anu
    heunteu aya papadana.

    Wahhaha, nembe terang ‘gratis’ teh nulisna ‘haratis’.
    Wah, ternyata tinggal di tanah parahyangan, belajar selama 9 tahun basajan sunda pun gak cukup untuk memahami kata kata di atas, lieur…

  2. Pingback: Tweets that mention Wordpress Bisa Pakai Basa Sunda! | cacatan kecil -- Topsy.com

Ada komentar?

%d bloggers like this: