Kutu

LAGI blogwalking di blongnya pa Budi, ketemu tulisan menarik, tentang yang diduga kutu alias bugs di Microsoft Excel. Menarik juga, sebab ini bisa saja dilakukan oleh orang kebanyakan. Kalau nggak jeli, bisa jadi nilai perhitungannya salah :D. Terbayanglah bagaimana kalau ada yang menghitung gaji, ternyata formulanya salah, bisa-bisa gajinya nggak sesuai hehe..

Formulanya sederhana, cuma membuat perulangan penjumlahan bilangan negatif (di blognya Pak Budi dimulai dengan -2), dengan bilangan 0,1 hingga puluhan kali. Nah, ketika iterasi penjumlahan tersebut sampai ke -0,1, saat ditambah 0,1 harusnya nol (0). Nah, ternyata di Excel (yang saya coba pakai Excel 2000), nilainya tidak nol, tapi bilangan yang sangat kecil. Tapi kalau bilangan awalnya lebih kecil (saya coba -0,6), hasilnya benar, nilainya nol. Tapi untuk bilangan -1 atau -3 hasilnya bervariasi. Biar lebih jelas, lihat gambar di bawah.

Tapi, waktu saya coba pakai IBM Lotus Symphony, nggak ada masalah. Mau dimulai dari -2 atau -1 hasilnya sama. Begitu juga kalau pakai open Office, katanya nggak bermasalah (saya nggak install oOo :D). Memang sih bugs ini masih bisa diatasi dengan mudah, yakni mengganti tipe cell dengan Number, bukan General. Tapi, untuk orang kebanyakan, bisa jadi ini dilewati, toh pake General pun masih bisa menghitung :D.

Jadi ingat kasus bugs Microsoft Excel 2007 pada 2007 lalu. Waktu itu, bugsnya cukup parah, dan sempat heboh. Tapi, anehnya, bugs ini nggak terjadi di oOo. Apa ini membuktikan produk FOSS seperti oOo atau Symphony juga bisa digunakan untuk kepentingan kerja? hehe..

0 Thoughts.

Ada komentar?

%d bloggers like this: