Mendengarkan Sarasvati

SEBAGAI bukan pengamat musik, saya biasanya suka ketinggalan dengan kabar siapa musisi sekarang yang sedang naik daun. Apalagi musisi yang nggak banyak diulas media mainstream yang sukanya cuma blow up musisi karbitan :D. Jadi begitulah, saya pun telat tahu dengan musisi yang malam ini (14/4/2011) bakal konser di Dago Tea House.

Namanya Sarasvati. Waktu pertama kali baca namanya (lupa di mana, kalau nggak salah di papam billboard iklan konsernya dia, eh di kicauannya om gustaff juga sih), saya duga musisi ini dari daratan India sana. Apalagi namanya memang berbau bahasa sansekerta. Jadi anggapan saya, lagu dia itu bakal sejenis sama lagu-lagunya chaiya-chaiya yang dinyanyikan om Norman Kamaru :D.

Tapi kalau memang bawain lagu-lagu India, rasanya aneh, soalnya jarang-jarang om Gustaff bawa musisi India hehe.. Maka karena itulah saya nggak penasaran cari-cari di Google siapa dia.

Tapi karena malam ini mau manggung, dan banyak orang yang mau nonton, jadi penasaran juga. Lalu setelah search di Google dan baca (sedikit) cerita di Wikipedia, barulah saya tahu bahwa Sarasvati aseli made in Bandung, Indonesia. Dari baca di Wiki pula saya baru tahu kalau dia itu salah satu pendiri Homogenic, band Bandung yang tak kalah kerennya.

Bagaimana dengan lagunya? Edan banget. jauh lah sama musisi sok pop yang suka muncul di inbok, derink, atau dahsat. Jauh banget. Coba saja dengarkan lagunya di halaman Facebooknya dia. Tak sekadar lagu pop, namun bisa mengolaborasikan dengan unsur musik tradisi. Tak percaya? Coba saja dengarkan lagu berjudul “Bilur”.

Ok, jadi makin banyak koleksi musisi favorit saya. Setelah Efek Rumah Kaca, Endah n Rhesa, dan The Panas Dalam :D.

Bagi yang penasaran, ini salah satu video yang ada di kanal Youtube Sarasvati.

0 Thoughts.

  1. Aye! Ada videonya! 😀

    Sarasvati, saya pikir dia musisi India lho… 😀

    hehe saya juga asalnya mikir dia orang india hehehe

Ada komentar?

%d bloggers like this: