Lebaran kapan?

Daripada bengong mau belajar buat ujian besok nggak jadi-jadi, lebih baik memanfaatkan sedikit sisa waktu untuk ngeblog. Sayang kan sudah beli domain+sewa hosting tapi jarang di-update :D. Jadi Lebaran kapan? Yang pasti tetap, 1 Syawal :D.

Tapi hari apa? Sepertinya tahun ini bakal ada yang beda lagi nih Lebarannya. Waktu rapat di kantor minggu lalu, Lebaran ancer-ancer hari Selasa (30/8/2011), sementara di kalender pesantren yang ada di rumah, ternyata Lebaran hari Rabu (31/8/2011). Mana yang benar?

Dalam kalender hijriyah, untuk menentukan apakah sudah masuk bulan baru atau belum dapat dilakukan dengan cara rukyat dan hisab. Menurut Wikipedia, secara sederhana metode rukyat adalah mengamati visibilitas hilal pertama kali setelah konjungsi. Sementara hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

Biasanya, setiap awal dan akhir Ramadan, observatorium Bosscha suka menggelar siaran langsung pengamatan hilal. Coba saja cek di sini nanti. Tapi sepertinya bakalan berat yah.. apalagi kalau banyak yang akses, kemungkinan besar server kominfo bakal tewas :D.

Duh ini tulisan jadi melantur ke mana-mana. Padahal tadinya mau memperlihatkan hasil pengamatan bulan (juga objek astronomi lainnya) menggunakan perangkat lunak open source bawaan KDE: KStars! Kita lihat penampakannya seperti apa. cekidot.

hilal 31 Juli
Ini penampakan tanggal 31 Juli 2011 sekitar sebelum Magrib. Dapat dilihat posisi bulan jauh di atas matahari yang sudah mau masuk ke garis horizon (garis hijau).

hilal 28 agustus
Ini penampakan tanggal 28 Agustus 2011. Masih kejauhan πŸ˜€

hilal 29 agustus
Ini penampakan tanggal 29 Agustus 2011. Jarak bulan sama matahari nggak begitu jauh. Ini sudah masuk bulan baru nggak yah?

hilal30 agustus
Ini penampakan tanggal 30 Agustus 2011. Sudah pasti ini sepertinya sudah masuk bulan baru.

Jadi, kapan Lebaran? Sudah pasti, 1 Syawal πŸ˜€

0 Thoughts.

  1. haaaaa…. katanya pke software.. angger we nanya.. kapan.. blm punya ilmunya ya gini nih.. susah emang..susah… udah.. tidur aja tidur.. ga usah mikir yang ginih.. hhahahaha #ngacir

  2. hisab dan rukyat ini selalu bikin debat kusir.. masing2 keukeuh pendapatnya paling bener… :))

    *gw di front yg mendukung hisab tentunya*

Ada komentar?

%d bloggers like this: