Setting DNS wvdial

SUDAH lama menjadi pengguna setia wvdial di Linux karena network manager nggak bisa deteksi modem Smartfren AC682 saya. Dan selama itu pula saya nggak bisa setting DNS supaya nggak pakai DNS defaultnya smart. Awalnya nggak terlalu mempermasalahkan hal ini karena ternyata saya masih bisa internetan dengan..lambat -_-

Tapi masalah muncul awal Agustus kemarin. Setelah berhasil tersambung lewat wvdial (di konsol terlihat kita dapat IP dan DNS berapa), ternyata saya masih tidak bisa internetan. Bahkan untuk sekadar ping ke google.com. Awalnya saya pikir modemnya sudah kadaluarsa, tapi ketika dilihat di windows, masa aktifnya masih ada 4 hari lagi.. Maka terpaksalah saya internetan di windows dulu.

Tadi malam saya iseng lagi masuk ke Fedora dan ingin coba internetan karena sudah diisi ulang paketnya. Setelah beberapa kali gagal konek (terlihat dari munculnya karakter-karakter aneh di konsol), akhirnya saya kebagian IP juga, bersama DNS milik smartfren tentu saja.

Tapi ternyata saya tetap nggak bisa internetan. Oh my.. padahal kalau di Windows lancar jaya. Jadi yang bermasalah bukan jaringan atau sinyalnya (sebenarnya masalah sih, karena sinyalnya pelit banget -__- ). Sudah coba ping ,tracepath, atau pun traceroute, tapi nggak tahu masalahnya ada di mana.

Iseng coba buka situs google lewat IP-nya, ternyata bisa! Sependek pengetahuan saya, ini terjadi karena DNS smartfren yang nggak bisa membaca domain yang saya ketikkan. Artinya kalau begini, saya harus pakai DNS lain di luar yang dikasih smartfren. Tapi bagaimana caranya? Akhirnya terpaksa googling dengan bantuan hape tercinta, dan ketemu jawabannya.

Jadi menurut sumber google, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa wvdial selalu memberi DNS secara default, meski kita sudah menuliskan data DNS di /etc /resolv.conf.Tapi hal ini masih bisa diatasi. Caranya sebagai berikut:

hapus kata usepeerdns atau kasih # di depan kata itu, yang terletak di file /etc /ppp/ peers/ wvdial
noauth
name wvdial
#usepeerdns

Masukkan DNS kita di baris terakhir file /etc /resolv.conf. Misalnya DNS google
nameserver 8.8.8.8
nameserver 8.8.4.4

Nyalakan wvdialnya.

Dan wvdial pun lalu menggunakan DNS yang kita kasih. Seharusnya. 😀

*catatan: penulisan path etc entah kenapa dibaca sebagai hal yang tabu di wordpress saya, sehingga harus diberi spasi. Ada yang tahu penyebabnya?

1 Thought.

  1. ah, sampe sekarang sy hanya sebatas pengguna ubuntu sj, tidak lebih, gak ngerti buat setting dns apalagi networking. salam sukses, sob. suer, sy gak tahu kenapa penulisan path etc di wordpressmu gitu

Ada komentar?

%d bloggers like this: